Muhammad Lelaki Penggenggam Hujan


Akhirnya sampai juga saya di lembar terakhir novel ini. Novel yang saya beli bukan hanya karena rasa penasaran, melainkan juga karena kecintaan saya kepada Rasulullah. Kecintaan yang membuat saya merasa wajib untuk mengenal beliau lebih dekat. Jujur, sejak halaman pertama, saya sudah jatuh cinta pada buku ini. Sebuah awal yang sangat menjanjikan.

Novel ini, selain bercerita tentang kehidupan Nabi Muhammad, juga bercerita tentang pencarian Kashva, seorang sastrawan dari Persia, akan seorang Lelaki Penggenggam Hujan, yang dalam agamanya disebut sebagai Astvat-ereta. Keinginannya untuk memurnikan kembali ajaran Zardusht, serta persahabatannya dengan Elyas, seorang penjaga Biara Bashrah menambah rasa penasarannya untuk mengetahui siapa gerangan manusia yang telah dijanjikan dalam berbagai kitab suci itu. Maka dimulailah sebuah perjalanan panjang, atau mungkin lebih tepatnya pelarian Kashva dari Persia menuju ke Suriah untuk menemui sahabat pena, Elyas. Pelarian yang tak mudah, karena harus berhadapan dengan tentara Khosrou, raja Persia yang ingin membunuhnya. Pelarian yang tak mudah, karena harus mengorbankan banyak nyawa. Pelarian yang menyebabkan rentang jarak untuk pertemuan itu semakin memanjang. Bukannya langsung menuju Suriah, tempat El berada, Kashva harus terlebih dahulu menginjakkan kakinya di Ghatas, perbatasan India, dan Tibet. Akankah perjalanan panjang itu Kashva berakhir dengan pertemuannya dengan El? Atau bahkan dengan sang Lelaki Penggenggam Hujan?

Mengenai kisah Nabi Muhammad sendiri, dalam novel ini Tasaro memulainya dengan kisah kekahalah umat Muslim di Perang Uhud. Berselang-seling dengan kisah perjalanan Kashva, Tasaro mengajak saya menyusuri kehidupan Rasulullah melalui Perang Parit, Perjanjian Hudaibiyah, hingga Penaklukan Makkah. Lembar-lembar yang harus saya lalui dengan mata berkaca-kaca. Ya, entah kenapa setiap membaca kisah tentang Rasulullah membuat dada ini terasa sesak oleh kerinduan.

Hari ini novel setebal 500 halaman ini telah berhasil saya tuntaskan, tanpa ada kebosanan sedikitpun dalam setiap halamannya. Ketika membaca petualangan Kashva, saya dibuat penasaran. Dan ketika membaca kehidupan Rasulullah, saya ikut berkelana di dalamnya. Membaca novel ini seakan membuat hutang saya untuk menyelesaikan Sirah Nabawiyah hampir lunas🙂

Setelah ini, katanya akan terbit sekuel kedua dari novel ini. Ya, novel ini memang belum selesai. Dan rasanya saya sudah tak sabar untuk menanti kelanjutan perjalanan Kashva, dan menyelesaikan kisah Rasulullah tentunya.

Satu pertanyaan yang muncul di benak saya selama membaca novel ini. Apakah Kashva itu benar-benar ada?

Previous Post
Leave a comment

32 Comments

  1. hujan

    Reply
  2. PINJEM MBAK^^

    Reply
  3. pengen baca…

    Reply
  4. belum punya. :((

    Reply
  5. @ardi: ow..ga sempat ngecek lg td..kyknya cm bisa ngedit besok deh

    Reply
  6. @mifta: Boleh, tp kyknya ongkirnya lbh mahal ketimbang bukunya.hehe.pis de

    Reply
  7. pengen baca…..

    Reply
  8. @bu pingkan: hayo diburu bukunya bu :)@tofan: beli atuh🙂

    Reply
  9. Sy sdh punya bukunya tp belom selesai membacanya, memang benar, untaian kata2 yang dirangkai Tasaro begitu indah dan…menggetarkan.

    Reply
  10. bagaimana dengan kisah cinta kashva dengan astu ka?? *menurut pian*

    Reply
  11. @fitri: saya malah ga bisa lepas dr buku ini selama berhari2 :d

    Reply
  12. @fathur: mksdnya?kemungkinan kd bersatu perasaku tur.he

    Reply
  13. Lun belum baca tuntas semua ka…tapi dengan baca buku ini bertambah lah kecintaan fathur terhadap Rasulullah…seakan begitu dekat dengan beliau..apalagi cerita tentang beberapa perang..deskripsinya seakan fathur ikut dalam medan perang…

    Reply
  14. setuju, memang keren banget.kabarnya sekuelnya, Lelaki Pewaris Hujan, akan terbit paling cepat Ramadhan ini.🙂

    Reply
  15. @fathur: lhaa blm tuntungkah?mpe mana dah?astu kdd kesahnya lg imbah Ghatas diserang :d

    Reply
  16. mbak..mbak…sekalian urun rekomen : Muhammad SAW ~The Biography ~ karangan Martin Lings hehehhee kayaknya wajib baca tuh

    Reply
  17. @mba yana: yup.saya dengar jg begitu. Berarti tinggal beberapa bulan lg..🙂

    Reply
  18. @dani: kamu udah baca Dan? Ntar aku coba cari di gramed ya..

    Reply
  19. ayanapunya said: @dani: kamu udah baca Dan? Ntar aku coba cari di gramed ya..

    hahahhhah belumtapi temen-temen pada bilang “Itu biografi terbaik tentang Rasulullah SAW”😀

    Reply
  20. Setelah LPH (lelaki penggenggam hujan), menunggu terbitnya SPH (sang pewaris hujan).

    Reply
  21. gamaubaca.gamaubaca.gamaubaca review Antung, biar teteub penasaran…hihi

    Reply
  22. @dani: masukin ke daftar dulu :d

    Reply
  23. @fitri: yup. Ktnya bentar lg terbit🙂

    Reply
  24. @mba febi: awas jangan ngintip yaa :d

    Reply
  25. ngintip kalimat terakhir…:D

    Reply
  26. Resensinya bagus..kasih bintang 4 ah..^^bikin saya mupeng untuk baca lagi..

    Reply
  27. pengagumlangit said: Resensinya bagus..kasih bintang 4 ah..^^bikin saya mupeng untuk baca lagi..

    wah makasih ^_^salam kenal mba🙂

    Reply
  28. fefabiola said: ngintip kalimat terakhir…:D

    hihihihi…ntar penasaran sama Kashva mba🙂

    Reply
  29. apriadina said: pengen baca…..

    yu mba…diburu bukunya🙂

    Reply
  30. belum punya juga.. udah mupeng.. ntar aja deh nunggu diskonan di bukper hehehe

    Reply
  31. te3we3 said: belum punya juga.. udah mupeng.. ntar aja deh nunggu diskonan di bukper hehehe

    kalo dah diskon bisa kalap Wi ^_^

    Reply
  32. akan segera membaca buku ini bulan depan ^^ *asik-asik*

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: