Reinkarnasi


Judul Buku : Reinkarnasi
Penulis : Sinta Yudisia
Jumlah Halaman : 594
Penerbit: Lingkar Pena

Novel ini dipinjamkan Mursidah saat saya ke tempatnya beberapa waktu lalu. Entah kenapa saya sempat kecele dengan ringkasan yang ditulis di belakang buku yang seolah-olah menyampaikan kalau buku ini berkisah tentang kemelut pernikahan. Lantas, bagaimana sebenarnya isi dari novel ini?

Tokoh sentral dalam novel ini bernama Ragil Mulyo, alias Age, seorang anak yatim yang tinggal bersama ibu dan seorang adiknya. Kehidupannya biasa-biasa saja hingga akhirnya ia bertemu Sentot, orang yang mengetahui bakat terpendam yang dimiliki Age. Sentot kemudian melatih Age untuk mengasah bakat yang dimilikinya itu.

Apa yang dilakukan Sentot menjadi awal dari terungkapnya asal usul Age. Age tenyata merupakan putra ketujuh dari pasangan Galuh Anom dan Suryo Mas Wijahanto. Putra yang didapatkan setelah melalui berbagai macam tirakat dan hal-hal berbau mistis, yang kemudian menjadi pemicu akan munculnya indera keenam yang dimiliki Age. Masalah demi masalah bermunculan seiring dengan semakin kuatnya indera keenam yang dimiliki Age. Tak hanya itu, korban-korban juga mulai berjatuhan setelah Age bertemu dengan ibu kandungnya, dan berhasil menarik keris Kiai Indrajid dari warangkanya.

Selain Age, ada beberapa tokoh lain di novel ini yang cukup banyak diceritakan. Tokoh-tokoh yang memiliki kehidupan masing-masing, namun masih berkaitan dengan satu nama, Age. Cerita berjalan cepat dan meloncat-loncat. Misteri yang baru mulai terungkap di pertengahan cerita cukup membuat saya penasaran. Jika ada hal yang menjadi catatan saya mungkin ada pada beberapa misteri yang tak diceritakan dengan detail. Bagaimana Age bisa memperoleh Kiai Indrajid? Bagaimana cara Kiai Indrajid memilih dan meminta korbannya? Dan tentang identitas Katrin yang ternyata merupakan nama lain dari Kilisuci, ah mungkin ini yang paling membuat saya dongkol. Klise kalau menurut saya.

Namun di luar dari catatan yang saya sebutkan tadi, kepiawaian Sinta Yudisia dalam bercerita patut diacungi jempol. Melalui novel setebal 594 halaman ini memberi saya pengetahuan baru terutama seputar dunia mistik di tanah Jawa. Bagaimana seorang pembuat keris harus melakukan berbagai macam tirakat hanya untuk membuat sebuah keris. Juga bagaimana perjanjian dengan jin dilakukan untuk mendapatkan keturunan atau keinginan manusia yang lainnya. Perjanjian yang biasanya disertai dengan berbagai macam prasyarat. Semua hal yang kalau boleh saya katakan di luar logika namun nyata adanya. Toh bukan hanya di tanah Jawa hal itu berlaku. Di tempat saya pun hal yang demikian masih berlaku. Novel ini juga memberi saya pandangan baru tentang indera keenam dan pemanfaatannya. Dari yang bisa saya tangkap, melalui novel ini mba Sinta Yudisia ingin memberikan pesan kepada pembacanya bahwa meskipun indera keenam merupakan sebuah anugerah dari Allah, sebaiknya kita tak perlu terlalu memanfaatkannya. Karena bisa jadi, bisa melihat masa depan diri sendiri adalah hal yang menakutkan.

Previous Post
Leave a comment

19 Comments

  1. Ye duluan uln lagiUln sudah baca abis bedah buku na di gramed kemarin

    Reply
  2. utuhspeedy said: Ye duluan uln lagiUln sudah baca abis bedah buku na di gramed kemarin

    ya ya ya tahu ae aku ni lambat update buku bagusnya😛

    Reply
  3. terimakasih sudah di review..jujur itu buku masih rapi di plastikin blom saya baca juga di rak buku.. :Dsetidaknya jadi tau ini cerita apaan..

    Reply
  4. nitafebri said: terimakasih sudah di review..jujur itu buku masih rapi di plastikin blom saya baca juga di rak buku.. :Dsetidaknya jadi tau ini cerita apaan..

    wkwkwkwk…hadiah lomba pertamax kemarin ya Nit?

    Reply
  5. Nah kaka loTp keren referensi naBubur dah

    Reply
  6. perlu beberapa halaman yang lumayan banyak sampai saya benar-benar tersedot menikmati ceritanya…

    Reply
  7. @ iqbal: yup. Sempat kelelahan krn tak kunjung menemukan clue-nya :d

    Reply
  8. aku belum baca……… padahal buku sdh di tangan lama dehhhhhhhh… hiks. perlu kosentrasi tingkat tinggi soalnya… kekekekkeek

    Reply
  9. Iya mba. Termasuk novel berat soalnya

    Reply
  10. soal ketrin yg notabene kilisuci, justru kl menurut sy disitu misterinya mbk. Dan sama sekali gak klise mnrut sy sebab terkadang tanda2 kearah sananya ada. Spt ketrin tuh memang diceritakan sbg putri bangsawan dr jogja yg mbalelo, dan yg lain (lupa bacanya dah 3 bln lalu)…..soal kyai indrajid ka memang ragil dikasi sama ibunya toh setelah terbukti ia bs mengeluarkannya swaktu dipanggil ke istana……Buat sy yg awam, novel ini mengesankan…..

    Reply
  11. Saya sempat kelelahan bc novel ini mba. Bingung apa hbgn katrin dgn age.kok kyknya dia penting banget. Ga ada clue yg diberikan soal ini. trus misterinya jg agak terlalu panjang. Dan akhirnya buka halaman terakhir dan taulah sy siapa sbnrnya karin itu. Ga ada kejutan lg deh :d

    Reply
  12. Saya sempat kelelahan bc novel ini mba. Bingung apa hbgn katrin dgn age.kok kyknya dia penting banget. Ga ada clue yg diberikan soal ini. trus misterinya jg agak terlalu panjang. Dan akhirnya buka halaman terakhir dan taulah sy siapa sbnrnya karin itu. Ga ada kejutan lg deh :d

    Reply
  13. hehehe, nmnya juga novel mbk, puanjaaaang……justru mepertahankan penasarannya itu gak semua penulis bisa….dan kan mestinya dah tercium cluenya, knp age penting bgt buat ketrin, ternyata…….

    Reply
  14. Ya itu mba.saking penasarannya sampe bc bagian akhirnya duluan :dBtw sy lbh suka yg the road to the empire🙂

    Reply
  15. yg jelas sy suka novel2 mbak sinta yudisia, mantap. skrang hunting existere bu😀

    Reply
  16. FLP ya, Yan? Ada pelurusan makna di dalam novel itu nggak? Macam kritisi atas budaya pagan yang masih kental di kalangan masyarakat jawa kayak ngasih sesembahan, sesajenan gitu?

    Reply
  17. Yup. Mba sinta jg lulusan flp mas.Klo soal pelurusan makna di sini diwakili sm ustad Burhan, seorang ustad ahli ruqyah.Beliau yg berusaha meluruskan klo bersekutu dgn jin itu tdk diperbolehkan, bahwa kita sehrsnya meminta pertolongan hny kpd allah

    Reply
  18. Teman-teman, makasih banyak atas diskusinya. InsyaAllah EXISTERE akan dibedah spesial di Surabaya, 4 Desember. Doakan ya…agar semua berjalan lancar, diridhoi olehNYA.

    Reply
  19. sintayudisia said: Teman-teman, makasih banyak atas diskusinya. InsyaAllah EXISTERE akan dibedah spesial di Surabaya, 4 Desember. Doakan ya…agar semua berjalan lancar, diridhoi olehNYA.

    uwaaa…ada mba Sinta mampir ke rumah saya ^_^semoga bedah bukunya lancar ya, Mba Sinta. Belum sempat baca bukunya yang terbaru nih🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: