Taare Zameen Par (Like Stars On Earth)


Ini adalah salah satu film yang paling saya buru selama 3 tahun terakhir. Waktu itu saya masih sangat concern dengan yang namanya film India (Yup saya adalah penggemar film India ^_^), sehingga setiap film yang masuk daftar nominasi Filmfare Award -Festival Film tahunan di India- akan saya buru. Di tahun 2007 itu, ada 5 film yang masuk nominasi, salah satunya adalah Taare Zameen Par ini. Dari berbagai sumber yang saya baca waktu itu, film ini mendapar apresiasi yang sangat bagus di negerinya sana. Dan hal ini terbukti dengan berhasilnya Taare Zameen Par membawa pulang 5 penghargaan di Filmfare Award, Film terbaik; Sutradara terbaik untuk Aamir Khan; Cerita terbaik; Lirik terbaik; dan Critic Award terbaik untuk Darshel Safary sebagai pemeran utama. Selama 3 tahun saya mencari film ini tanpa tahu dengan pasti film ini bercerita tentang apa. Mulai dari penyewaan DVD hingga ke penjual DVD bajakan. Dan pada akhirnya saya harus banyak berterimakasih pada internet tempat saya menemukan film ini.

Ok, sudah cukup ngalor-ngidulnya dan saya akan mulai bercerita tentang filmnya🙂

Taare Zameen Par bercerita tentang Ishaan Awasthi, putra bungsu keluarga Awasthi yang jauh berbeda dengan kakaknya, Yohan. Jika Yohan begitu cemerlang dalam pelajaran, maka Ishaan adalah kebalikannya. Nilainya selalu buruk dan tak punya minat pada pelajaran. Para guru di sekolahnya pun tak sanggup lagi menghadapi Ishaan dan kelakuannya. Demi menyelamatkan sang putra dari tidak naik kelas untu kedua kalinya, sang ayah akhirnya memutuskan memindahkan Ishaan ke sekolah berasrama di pertengahan semester.

Berada di sekolah baru, tidak serta merta membuat kondisi Ishaan membaik. Perasaan ditinggalkan sebutan bodoh yang kerap ditujukan padanya membuat Ishaan sempat menjalani masa sulit. Beruntung dia bertemu dengan Ram Shankar Nikumbh, seorang guru kesenian pengganti yang pada akhirnya berhasil menemukan penyebab ketidakmajuan Ishaan dalam belajar, yakni Dislexia. Dan seperti yang kita tahu, Disleksia adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis.

Dengan pengalamannya sebagai guru tetap di sebuah sekolah anak cacat, Ram berusaha mengembalikan semangat yang sempat hilang dari diri Ishaan. Ram mengajaknya belajar mengenal huruf-huruf dengan cara yang lebih menyenangkan, hingga akhirnya huruf-huruf itu tidak lagi menjadi musuhnya. Ram pulalah yang berhasil menghidupkan kembali bakat terpendam Ishaan yang sempat terlupakan hingga akhirnya membuat Ishaan begitu dibanggakan di akhir tahun ajaran.

***

Ada banyak kesan yang tertinggal setelah saya menonton film ini. Akting pemainnya yang jempolan, jalan cerita yang tak tertebak, pengambilan gambar yang indah, juga dialog-dialog cerdas yang hadir di film ini.

Selain itu, ada banyak pesan indah yang saya dapat melalui film ini. Dari keluarga Awasthi misalnya, saya bisa melihat bagaimana kedua orang tua Ishaan tetap menyayangi Ishaan meski kondisinya berbeda dengan kakaknya, Yohan yang begitu menyayangi adiknya, bagaimana mereka tidak saling menyalahkan ketika pada akhirnya memutuskan memindahkan Ishaan ke sekolah asrama.

Lalu dari Ram saya bisa melihat bagaimana beratnya tugas seorang guru, terutama ketika orang tua melepas begitu saja tanggung jawab untuk mendidik anak mereka. Salah satu dialog kesukaan saya adalah ketika Ram dan ayah Ishaan membahas tentang caring.

Nandkishore Awasthi : “My wife has been surfing the net. She has read all about dyslexia. I wanted you to know”
Ram Nikhumb : “Why?”
Nandkishore Awasthi : “Just so you don’t take us for parents who don’t care”
Ram Nikhumb : “Caring. It’s very important, It has the power of cure, a salve for pain, the child feels wanted.”
Ram Nikhumb : ” A hug, a loving kiss now and then, to show that I care.”
Ram Nikhumb : “Son, I love you. if you have any fears come to me. So what if you slipped, failed. Don’t worry I’m there for you. Reassurance.”
Ram Nikhumb : “Caring. That’s what caring is, isn’t it?”

Dan seperti sesuai dengan sub judul yang diberikan, melalui Taare Zameen Par Aamir Khan menyampaikan pesan pada kita kalau setiap anak dilahirkan dengan bakatnya masing-masing. Dan sebagai orang tua, tugas kita adalah mendukung setiap bakat yang dimiliki anak tersebut. Taare Zameen Par, Every Child is Special.

Leave a comment

11 Comments

  1. waah ada Aamir Khan, aku mulai ngefans sm dia sejak nonton Three Idiots, yg ini jd pengen nonton jg🙂

    Reply
  2. zaffara said: waah ada Aamir Khan, aku mulai ngefans sm dia sejak nonton Three Idiots, yg ini jd pengen nonton jg🙂

    iya mba winny…sekarang nama aamir khan emang jaminan film bermutu saya juga masih nyari2 filmnya yang lain🙂

    Reply
  3. pengen nonton jg mba…

    Reply
  4. nuqiechan21 said: pengen nonton jg mba…

    ayo segera dicari ^_^

    Reply
  5. iya mba…sy jg suka sesuatu yg bhubungan dg anak2termasuk filmnya:D

    Reply
  6. nuqiechan21 said: iya mba…sy jg suka sesuatu yg bhubungan dg anak2termasuk filmnya:D

    Filly…kamu ganti ID ya?

    Reply
  7. bukan mba…Sy Dedehhehe

    Reply
  8. nuqiechan21 said: bukan mba…Sy Dedehhehe

    hihihihi…maaf De. salah baca. maklumlah mata 4 ^_^

    Reply
  9. hehe..nda apa2 mba:D

    Reply
  10. hehehe…wah muvi iniin nonton ini duluan sebelum 3 idiots, kaknontonnya di tivi, jadi ga terlalu mewektemen in yang nonton dvdnya banjir aermatahehehehetapi setuju, kakniy muvi emang bagus

    Reply
  11. qhorieniezt said: hehehe…wah muvi iniin nonton ini duluan sebelum 3 idiots, kaknontonnya di tivi, jadi ga terlalu mewektemen in yang nonton dvdnya banjir aermatahehehehetapi setuju, kakniy muvi emang bagus

    iya nih de. dulu kalo ga salah pernah diputar di salah satu stasiun tv tapi ga ketonton. makanya penasaran setengah mati😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: