Kuliah Gratis ke Luar Negeri 2


Sewaktu masih kuliah dahulu, Makkiyah, salah satu kawan satu kos saya mengabarkan kalau Fatimah, salah seorang kakaknya akan berangkat ke Inggris. Saya yang sangat menyukai Inggris dan bermimpi ingin menginjakkan kaki di negeri Ratu Elizabeth itu kemudian bertanya padanya, “Dalam rangka apa kakakmu ke Inggris?”

“Dia mendapat beasiswa kuliah S2 di sana,” jawabnya.

Beberapa tahun kemudian, saya mengenal Fatimah yang disebutkan kawan saya itu sebagai Imazahra.

***

Beasiswa memang menjadi salah satu cara bagi mereka yang ingin merasakan tinggal ataupun bersekolah di luar negeri namun terkendala dalam masalah dana. Rasanya ada kebanggaan tersendiri jika kita bisa menjejakkan kaki di tempat yang terletak ribuan kilometer dari negara kita. Tapi tentunya ini bukan cuma masalah gengsi dan kebanggaan. Ada banyak manfaat dan pengalaman berharga yang bisa kita dapatkan ketika menimba ilmu di negeri orang. Dan buku ini hadir untuk memberi kita sedikit gambaran dan panduan tentang bagaimana agar sukses memperoleh beasiswa kuliah ke luar negeri.

Buku ini terbagi menjadi 7 bab. Dua bab pertama merupakan pengenalan terhadap beasiswa dan serba-serbinya. Jenis-jenis beasiswa, jenis-jenis studi di luar negeri, apa itu TOEFL dan IELTS serta langkah-langkah berburu beasiswa dijabarkan dengan ringkas di bab ini.

Bab-bab berikutnya kita akan diberikan kisah-kisah nyata dari para pemburu beasiswa yang berhasil meraih impiannya. Ada Heru Susetyo yang sangat getol berburu beasiswa hingga berhasil meraih 16 beasiswa dalam kurun waktu 8 tahun, Imazahra yang rela berangkat subuh ke warnet dekat kampus hanya untuk mencari info beasiswa, hingga Wikan Danar Sunindyo yang akhirnya memperoleh beasiswa di Jerman setelah berkali-kali gagal dalam aplikasi sebelumnya.

Melalui para kontributor ini kita diberi bayangan bagaimana untuk bisa meraih beasiswa ke luar negeri itu diperlukan persiapan matang dan usaha yang keras. Ada yang memakan waktu beberapa bulan hingga bertahun-tahun. Semuanya tergantung pada bagaimana usaha kita dalam mengejarnya.

Beberapa tips juga diberikan oleh para peraih beasiswa ini dalam usaha mereka meraih beasiswa. Merasa kesulitan dalam menguasai Bahasa Inggris yang merupakan syarat utama untuk kuliah di luar negeri? Manfaatkanlah internet sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan kita, seperti yang dilakukan oleh mba Imazahra. Ada juga tips bagaimana mengisi aplikasi dan menghadapi wawancara, bagaimana menulis essai yang bagus, juga bagaimana agar kita sukses meraih nilai GMAT.

Tinggal di tempat dengan kultur yang berbeda dengan negeri kita memang berpotensi memberikan berbagai pengalaman menarik, lucu bahkan kadang memalukan. Dialek Inggris Yorkshire yang terdengar seperti orang kumur-kumur membuat Imazahra harus menahan malu saat sesi diskusi. Ada juga cerita tentang bagaimana hormat dan sayangnya rakyat Thailand kepada raja dan negerinya, hingga saat ada video singkat tentang raja dalam sebuah bioskop pun mereka langsung berdiri sebagai tanda memberi hormat.

Ditulis dengan bahasa yang santai dan tidak kaku, serta informasi yang cukup lengkap, buku ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin dan tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Catatan : Kadang saya berharap membaca buku ini saat masih kuliah dulu😀

Leave a comment

9 Comments

  1. antung!kangen!

    Reply
  2. srisariningdiyah said: antung!kangen!

    waaa…mba arii. udah di jakarta?saya juga kangeeen ^___^

    Reply
  3. ayanapunya said: Beberapa tahun kemudian, saya mengenal Fatimah yang disebutkan kawan saya itu sebagai Imazahra.

    Wah ternyata….😀

    Reply
  4. bwt dApetin bukunya di mana ??

    Reply
  5. ksh tau saya ya….nigiasigit@yahoo.com….saya berminat jd mahasiswa di luar negri dngan beasiswa

    Reply
  6. nigiasigit said: ksh tau saya ya….nigiasigit@yahoo.com….saya berminat jd mahasiswa di luar negri dngan beasiswa

    di gramedia kyknya udah bnyk bukunya🙂

    Reply
  7. itu mas..apa ada tesnya buat dapat beasiswa di luar negri ini ???…..kalau ada saya minta infonya mas…minta syarat2 d

    Reply
  8. nigiasigit said: itu mas..apa ada tesnya buat dapat beasiswa di luar negri ini ???…..kalau ada saya minta infonya mas…minta syarat2 d

    waduh..saya mba. bukan mas :Dkalo menurut buku itu sih ada tesnya, bikin makalah juga, yang pasti toefl minimal 500. bukunya lagi dipinjam, jadi aku ga bisa ngasih tau banyak😀

    Reply
  9. maf ya mba !…kirai mas..mksh infonya

    Reply

Leave a Reply

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

