Cinta dalam Gelas


Buku besar peminum kopi, catur dan orang melayu.

Itulah tiga hal yang bisa saya simpulkan dari buku kedua dwilogi Padang Bulan-Cinta dalam Gelas ini. Tiga bahasan yang tentunya sangat menarik bagi mereka yang tidak minum kopi, tak mengerti aturan bermain catur, dan bukan orang melayu, seperti saya misalnya.

Cinta dalam Gelas bercerita tentang Maryamah binti Zamzami yang ngotot mempelajari bermain catur hanya untuk mengalahkan Matarom -mantan suaminya- dalam kejuaraan catur 17 Agustus. Matarom sendiri dikenal sebagai pecatur handal yang telah berhasil memenangkan piala catur kejuaraan 17 Agustus sebanyak 2 kali berturut-turut.

Untuk mewujudkan keingiannya tersebut, Maryamah meminta bantuan pada Ikal yang memang memiliki teman seorang Grand Master catur bernama Ninochka Stronovsky. Mulanya Ikal sempat dilanda keraguan untuk meluluskan permintaan tersebut. Bagaimana tidak? Catur adalah permainan yang memerlukan ketajaman otak, sedangkan Maryamah hanyalah seorang buruh tambang biasa yang sama sekali buta dengan bidak catur. Namun akhirnya setelah sedikit beradu argumen, Ikal memutuskan untuk membantu Maryamah.

Maka dimulailah misi untuk menjadikan Maryamah lihai bermain catur. Dimulai dari menghubungi detektif M. Nur, mengenalkan Maryamah pada papan catur dan pionnya. Awalnya memang Maryamah selalu berhasil dikalahkan dengan mudah oleh Ikal. Hal itu karena ia menggerakkan buah caturnya sesuka hati dan tanpa strategi. Hingga akhirnya setelah 658 pertandingan, Maryamah berhasil mengalahkan Ikal.

Setelah berhasil mengajarkan Maryamah bermain catur, maka misi selanjutnya adalah bagaimana caranya agar Maryamah bisa diikutkan dalam kejuaraan catur, mengingat belum pernah ada perempuan yang diperbolehkan ikut serta kejuaraan catur tahunan tersebut. Faktor syariat menjadi alasan utama penolakan tersebut. Namun setelah terjadi perdebatan alot, akhirnya ditemukan jalan tengah untuk masalah tersebut. Seiring dengan berhasilnya upaya meloloskan Maryamah menjadi satu-satunya peserta catur perempuan di kejuaraan catur 17 Agustus, maka dimulailah perjalanannya untuk mengalahkan sang mantan suami, Matarom, sekaligus perjalanannya dalam memperoleh julukan Maryamah Karpov.

Banyak hal menarik yang saya dapatkan dari novel Cinta dalam Gelas ini. Tak seperti Padang Bulan yang lebih banyak bercerita tentang Ikal dan cintanya pada A Ling, Cinta dalam Gelas lebih memfokuskan cerita pada Maryamah dan catur yang dipelajarinya. Teknik bermain catur cukup banyak dibahas di sini, yang menariknya diulas dengan gaya khas Andrea Hirata. Berbagai perumpamaan digunakan untuk menggambarkan langkah-langkah yang dipakai Maryamah dan lawannya dalam memainkan pion caturnya. Tambahan lain, strategi yang digunakan Ikal cs dalam upaya memuluskan jalan Maryamah dalam mengalahkan lawan-lawannya sangat pantas diacungi jempol, yakni perpaduan antara teknologi dan spionase.

Topik lain yang cukup sering dibahas di sini adalah tentang kopi dan tipe-tipe peminumnya. Sebagai orang yang suka kopi namun sangat jarang mengkonsumsinya, saya sangat tertarik dengan Buku Besar Peminum Kopi yang dibuat Ikal sebagai akibat dirinya yang sehari-hari bekerja di warung kopi pamannya. Lihatlah bagaimana Ikal bisa membaca latar belakang para peminum kopi di warung pamannya hanya dari takaran gula, kopi dan susu yang digunakan.

Mereka yang menghirup kopi pahit umumnya bernasib sepahit kopinya. Makin pahit kopinya, makin berlika-liku petualangannya. Hidup mereka penuh intaian mara bahaya. Cinta? Berantakan. Istri? Pada minggat. Kekasih? Bekhianat di atas tempat tidur mereka sendiri! Bayangkan itu. Bisnis? Mereka kena tipu. Namun, mereka tetap mencoba dan mencipta. Mereka naik panggung dan dipermalukan. Mereka menang dengan gilang gemilang lalu kalah tersuruk-suruk. Mereka jatuh, bangun, jatuh, dan bangun lagi. Dalam dunia pergaulan zaman modern ini mereka disebut para player.

Benar tidaknya teori yang dibuat Ikal tersebut, mungkin hanya peminum kopi itu yang mengetahuinya. Yang jelas Buku Besar Peminum Kopi tersebut turut berperan dalam upaya Maryamah dan Ikal Cs mengalahkan lawan-lawannya.

Previous Post
Next Post
Leave a comment

14 Comments

  1. Belum baca novel Andrea yang ini…

    Reply
  2. yuniezalabella said: Belum baca novel Andrea yang ini…

    ayo baca, mbaa..novelnya keren loh ^_^

    Reply
  3. qeqeqe… selamot,giok nio, detektif,alvin,preman cebol…tak lupa jose rizal dan ratna yg terlibat affair..

    Reply
  4. maryamam menang g mbak akhirnya?

    Reply
  5. Selalu lengkap reviewnya, siip! Aku kok gak sabar ya kalau mau nulis sinopsisnya. udah posting reviewnya juga tuh. . .🙂

    Reply
  6. mbak, enjoy mana bacanya dibanding padang bulan?

    Reply
  7. bundananda said: qeqeqe… selamot,giok nio, detektif,alvin,preman cebol…tak lupa jose rizal dan ratna yg terlibat affair..

    jangan lupa bitun, bun. dia kan manajernya Maryamah😀

    Reply
  8. fivefebruary said: maryamam menang g mbak akhirnya?

    menang dong (spoiler)…cuma perjalanannya menuju menang itu loh yang asik banget ^_^

    Reply
  9. boemisayekti said: Selalu lengkap reviewnya, siip! Aku kok gak sabar ya kalau mau nulis sinopsisnya. udah posting reviewnya juga tuh. . .🙂

    review kamu juga keren, yan🙂

    Reply
  10. puritama said: mbak, enjoy mana bacanya dibanding padang bulan?

    sama aja sih enjoynya…asiknya di cinta dalam gelas sih kita dapat ilmu tentang kopi dan catur😀

    Reply
  11. ayanapunya said: sama aja sih enjoynya…asiknya di cinta dalam gelas sih kita dapat ilmu tentang kopi dan catur😀

    iya yah… biar gak cinta-cintaan mulu…😀

    Reply
  12. ayanapunya said: review kamu juga keren, yan🙂

    pengen deh bisa nulis review lengkap gini…. kalo punyaku isinya komentar doang, hehee

    Reply
  13. bitun itu kan nama sukunya selamot yan…hehe lupa ya??

    Reply
  14. bundananda said: bitun itu kan nama sukunya selamot yan…hehe lupa ya??

    hahaha…hanyar hdk dikoreksi tadi. bunda hapal banar lawan tokohnya. jadi malu saya😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: