BLACK (2005)


The alphabhets of the wtorld starts with A, B, C, D, E but yours start with B, L, A, C, K (Debraj Sahai, di hari pertama menjadi guru bagi Michelle McNally)

Michele McNally, adalah putri keturunan Anglo India yang tinggal di Shimla. Saat masih bayi ia diserang penyakit yang mengakibatkan dirinya harus kehilangan dua indera paling berharga miliknya, penglihatan dan pendengaran.

Menjalani hidup dalam sebagai seorang buta-tuli jelaslah bukan hal yang mudah bagi Michelle. Pun bagi orang tuanya. Dia tak mengenal aksara, suara, juga tak tahu tata krama. Bahkan terkadang keberadaannya membahayakan orang-orang di sekitanrnya. Merasa tak sanggup lagi menghadapi kelakuan Michelle, sang ibu memutuskan memanggil seorang guru untuk mengajari Michelle.

Adalah Debraj Sahai, seorang guru khusus untuk penderita buta-tuli, yang mendapatkan tugas tersebut. Sayangnya di hari pertama menginjakkan kaki di rumah keluarga McNally, ia gagal memberikan kesan yang baik. Alhasil ayah Michelle menolak keberadaannya dan memintanya pergi dari rumah mereka.

Merasa bertanggung jawab atas tugas yang diembannya, Mr. Sahai meminta bantuan istri Mr. McNally untuk membantunya. Dia meminta waktu selama 20 hari -waktu yang sama dengan kepergian Mr. McNally ke luar kota- agar bisa mengajari Michelle. Jika selama 20 hari tersebut ia tidak berhasil mengajari Michelle satu kata pun, maka ia akan pergi dari rumah mereka. Kesepakatan pun dilakukan. Selama 20 hari Michelle berada dalam didikan Mr. Sahai, tanpa boleh ada intervensi dari ibunya. Hingga akhirnya di hari ke-dua puluh, Michelle berhasil mengucapkan kata pertamanya, WATER.

***
Familiar dengan kisah ini? Ya, benar. Ini adalah adaptasi dari kisah Helen Keller, seorang penyandang deafblind yang paling familiar sosoknya di telinga kita. Dirilis tahun 2005, film garapan Sanjay Leela Bhansali ini berhasil meraih berbagai penghargaan di negaranya sana, India.

Secara keseluruha, Black bercerita tentang hubungan seorang guru dengan muridnya. Dalam film ini kita bisa melihat bagaimana Michelle yang selama 8 tahun hidup dalam dunia yang disebutnya black vacuum mulai menemukan sinarnya setelah bertemu dengan Mr. Sahai. Dalam film ini kita juga bisa melihat bagaimana Mr. Sahai mendedikasikan seluruh sisa hidupnya untuk membantu Michelle menggapai cita-citanya. Tak pernah lelah berada di sampingnya, sebelum akhirnya dia harus meninggalkan Michelle karena sebuah kesalahan.

Dengan durasi 122 menit, dan tanpa satupun lagu ataupun tarian di dalamnya, Black berhasil membuat saya larut dalam gelapnya dunia Michelle. Sepanjang film kita akan dibiasakan dengan bahasa isyarat yang Michelle dan Mr. Sahai dalam berkomunikasi. Saya menangis bahagia ketika melihat Michelle berhasil mengucapkan kata pertamanya. Saya bisa merasakan kemarahan Michelle yang terus-menerus gagal dalam ujiannya. Dan bagian paling mengharukan, bagi saya mungkin ketika Michelle berpidato di hari dimana akhirnya ia berhasil menyelesaikan kuliahnya. Menghabiskan nyaris 20 tahun untuk bisa menggapai mimpi, siapapun mungkin akan menangis tersedu-sedu dibuatnya. Namun selain itu, ada satu lagi doa Michelle yang terkabul. Doa ini tak henti-hentinya ia panjatkan selama 12 tahun.

Dan seperti kalimat yang pernah diucapkan sang guru, “Impossible is the word that I never taught,” begitulah Michelle dan Mr. Sahai mengakhiri kisah mereka.

Leave a comment

27 Comments

  1. ayanapunya said: Namun selain itu, ada satu lagi doa Michelle yang terkabul. Doa ini tak henti-hentinya ia panjatkan selama 12 tahun.

    kalo diungkap di sini jadi spoiler ya?

    Reply
  2. darnia said: kalo diungkap di sini jadi spoiler ya?

    ya iyalaaaahhhh…. :Paku kemarin nonton ini nangis bombay..haha

    Reply
  3. belum nonton versi india..Pengen review tontonan kemarin dulu tapi bingung.. *curcol

    Reply
  4. Ini film lama ya, Yana?

    Reply
  5. Wah, ini yah yg kemarin direkomendasiin?Ok, masuk dalam list gw selanjutnya. Mdh2an bisa dot dipidinya.But, anyway, menurutku ada part dari review di atas yg terasa sangat spoiler :(Gw jadi udah kebayang endingnya hehehe

    Reply
  6. kayaknya bagus nih😀

    Reply
  7. @desi: iya. Film tahun 2005

    Reply
  8. @mas ancha: i know.tp percayalah, saya tdk menceritakan inti dr film ini. Begitu jg endingnya🙂

    Reply
  9. @vera: kemarin nonton apa?

    Reply
  10. ayanapunya said: saya tdk menceritakan inti dr film ini. Begitu jg endingnya🙂

    tfs…Jadi penasaran🙂

    Reply
  11. pantesan kayak pernah baca ceritanya, film 2005 tho.

    Reply
  12. pantesan kayak pernah baca ceritanya, film 2005 tho.

    Reply
  13. @andiah: bangett

    Reply
  14. @mas ihwan: iya.aku dah lama penasaran sm filmnya.thanks to internet akhirnya bs nonton :d

    Reply
  15. Di adaptasi Tere Liye jua ka kisah Helen Keller di bukunya moga bunda disayang Allah🙂 Ulun nonton ini di SCTV🙂

    Reply
  16. yant165 said: Di adaptasi Tere Liye jua ka kisah Helen Keller di bukunya moga bunda disayang Allah🙂 Ulun nonton ini di SCTV🙂

    aku waktu tayang di sctv tu masih belum tertarik nonton, yan…hihihihi

    Reply
  17. ayanapunya said: @mas ihwan: iya.aku dah lama penasaran sm filmnya.thanks to internet akhirnya bs nonton :d

    nonton dimana? yutub? atau dunlut *katrok*

    Reply
  18. nawhi said: nonton dimana? yutub? atau dunlut *katrok*

    donlot via torrent :Dklo di yutub nggak tau ada apa nggak

    Reply
  19. Hellen Keller banget.. bahkan kata yang pertama kali diucapkan sama : water…wahh. jadi pingin nonton nih..ada linknya gak? heheee

    Reply
  20. huflepuff said: Hellen Keller banget.. bahkan kata yang pertama kali diucapkan sama : water…wahh. jadi pingin nonton nih..ada linknya gak? heheee

    iya, betul-betul ngambil scene-nya Helen Keller :)klo link aku ga punya. soalnya kemarin itu downloadnya via torrent

    Reply
  21. sama kayak haryo, ada link-nya nggak mbak Yana? menarik nih!

    Reply
  22. lafatah said: sama kayak haryo, ada link-nya nggak mbak Yana? menarik nih!

    nggak ada…hiks. aku ngubek-ngubek torrent kemarin itu

    Reply
  23. mbak nonton dipidinya yak? atau ubek2 torrent?

    Reply
  24. Aku biasanya nyari di kickasstorrent, tah

    Reply
  25. Aaaah, ini salah satu film kesayanganku.Dan aku tau film ini ya pas 2005, sesaat setelah mulai dipasarkan di Indonesia🙂

    Reply
  26. Heller Keller versi Bollywood banget🙂

    Reply
  27. imazahra said: Aaaah, ini salah satu film kesayanganku.Dan aku tau film ini ya pas 2005, sesaat setelah mulai dipasarkan di Indonesia🙂

    ulun awalnya malah kurang tertarik ka nonton filmnya…hihihi

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: