Rock On!! (2008)


Empat sahabat, Aditya, Joe, KD, dan Rob tergabung dalam sebuah band bernama Magik. Aditya pada vokal, Joe pada gitar, KD pada drum dan Rob pada keyboard. Keempatnya memiliki satu mimpi, band mereka bisa memiliki album dan mereka bisa mengadakan sebuah bus tour. Ditemani Debbie dan Tanya, kekasih dari Adi dan Joe, keempat sahabat ini membangun mimpi mereka.

Jalan terbuka ketika diadakan sebuah audisi. Pemenang dari audisi ini akan mendapatkan kontrak rekaman plus video klip. Tak mau melewatkan kesempatan ini, Adi dan kawan-kawan pun segera mempersiapkan diri mereka untuk mengikuti audisi. Dan seolah keberuntungan sedang berpihak pada mereka, Magik memenangkan kompetisi itu.

Sayangnya jalan untuk mewujudkan mimpi besar mereka tak semudah yang dikira. Meski sudah mendapat jaminan kontrak rekaman, Magik harus berhadapan dengan kemauan produser yang tak sesuai dengan prinsip mereka. Puncaknya ketika syuting video klip dimulai, Joe terlibat pertengkaran dengan produser, bahkan tanpa sengaja ia memukul Aditya. Akibatnya bisa ditebak, rekaman dibatalkan, Magik bubar, dan mimpi pun harus terkubur.

Sepuluh tahun berlalu, keempat personil Magik menjalani kehidupannya masing-masing. Aditya sukses sebagai bankir, KD bekerja di tempat ayahnya, Rob setia di jalur musik dengan menjadi music programmer, begitu juga Joe -yang menikah dengan Debbie-, yang membuka sebuah kursus gitar yang sayangnya kurang berkembang.

Pertemuan kembali keempat sahabat ini bermula ketika Sakshi, istri Aditya memesan sebuah jam tangan untuk ulang tahun suaminya ke toko milik keluarga KD. KD yang pastinya tahu pasti tanggal ulang tahun Aditya langsung menanyakan sosok dari suami Sakshi tersebut. Sayangnya sosok Aditya yang disebutkan KD jauh berbeda dengan Aditya yang menikahi Sakshi.

Beruntung pada saat membongkar gudang di rumah mereka Sakshi menemukan sebuah kotak milik Aditya yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Disanalah Sakshi menemukan sosok Aditya yang tak pernah dilihatnya selama masa pernikahan mereka. Aditya yang lebih hidup dan lebih bahagia. Rupanya setelah peristiwa kelam sepuluh tahun yang lalu, Aditya telah benar-benar mengubur mimpi besarnya, melupakan musik, dan merubah diri menjadi pribadi yang tertutup, bahkan untuk istrinya sendiri.

Dengan maksud mengembalikan sisi yang hilang dari suaminya, Sakshi pun mengadakan pesta kejutan di hari ulang tahun Aditya. Disana, ia mengundang mantan personil Magik yang ternyata tinggal satu kota dengan Aditya. Bagaimanakan reuni dari empat sahabat ini?

***

Rock On!! merupakan debut pertama Farhan Akhtar sebagai pemain film. Debut yang lagi-lagi membuahkan penghargaan untuknya. Sebelumnya ia lebih dikenal sebagai seorang sutradara, penulis skenario, dan produser film. Selain menjadi pemeran utama untuk Rock On!!, Farhan Akhtar juga menyanyikan sendiri seluruh lagu yang ada di film ini. Wajah yang cakep (setidaknya di mata saya), bakat seni yang melimpah, wajar bukan kalau saya terkagum-kagum dengan sosoknya?

Rock On!! sendiri berkisah tentang upaya dari empat orang sahabat untuk menggapai kembali mimpi mereka yang sempat terkubur. Ya, setelah sepuluh tahun terpisah, Aditya, Joe, KD dan Rob akhirnya memperoleh kembali kesempatan untuk mewujudkan mimpi mereka. Alurnya yang maju-mundur membuat saya tak bosan dan penasaran dengan kejadian yang terjadi di masa lalu Magik. Beberapa kejutan mau tak mau membuat saya tersenyum. Dan karena ini sebuah film tentang band, maka sudah barang tentu lagu-lagu yang disuguhkan tidak sama dengan film India pada umumnya. Tak ada tari-tarian, bahkan lirik lagunya pun terdengar aneh di telinga saya. Namun itu tidaklah mengurangi keasikan menonton film ini.

Hal lain yang saya suka dari Rock On!!, film ini seolah memberikan posisi “istimewa” bagi istri-istri personil Magik. Lihatlah Debbie yang harus rela mengurus bisnis milik keluarga Joe yang tidak ia sukai, menggantikan Joe yang tak bisa berbisnis. Atau Sakshi yang karena merasa menikah dengan orang asing, berusaha keras mengembalikan senyum di wajah suaminya. Dan ending yang diberikan di film ini, sungguh saya sangat menyukainya. Hangat dan bersahabat.

Leave a comment

18 Comments

  1. Awalnya gw pikir film Indonesia Hahahaha….

    Reply
  2. anchaanwar said: Awalnya gw pikir film Indonesia Hahahaha….

    hahahaha…I love bollywood movie

    Reply
  3. entah napa, tapi India bernama Aditya rata-rata enak diliat *gak bilang cakep sih*di kantorku juga ada Indiahe namanya Aditya, lumayan bisa diliat heheheheh

    Reply
  4. eh, pelem India?

    Reply
  5. darnia said: entah napa, tapi India bernama Aditya rata-rata enak diliat *gak bilang cakep sih*di kantorku juga ada Indiahe namanya Aditya, lumayan bisa diliat heheheheh

    klo gitu nama aditya mau kusimpan buat salah satu calon nama anakku nanti😀

    Reply
  6. itu KD kepanjangannya apa?😀

    Reply
  7. nawhi said: itu KD kepanjangannya apa?😀

    Killer Drumer. Tapi bisa juga mengarah ke singkatan namanya, KeDar

    Reply
  8. ayanapunya said: klo nggak salah diambil dari singkatan namanya KeDar

    buatku KD itu udah identik sama Krisdayanti, jadi kesane kok maksa ya nama KeDar itu he3

    Reply
  9. nawhi said: buatku KD itu udah identik sama Krisdayanti, jadi kesane kok maksa ya nama KeDar itu he3

    jiah baru juga ngedit jawaban di atas. hehehe. KD bisa juga singkatan dari Killer Drummer, posisinya di Magik

    Reply
  10. Ulun kira film indonesia ka ae.. hehe..

    Reply
  11. nora23 said: Ulun kira film indonesia ka ae.. hehe..

    jiaahh…kok sama kayak Ancha?

    Reply
  12. ayanapunya said: hahahaha…I love bollywood movie

    Masalahnya tadi gbrnya ga muncul XDhahaha…Jadi s4 kepikiran wah ini film Indie ya

    Reply
  13. Begitulah cerita anak band masuk industri musik, tertatih-tatih dan emang kudu siap mental. Cerita yang menarik, semoga setelah sukses nggak pernah lupa sama kejadian-kejadian awal begini…

    Reply
  14. luqmanhakim said: Begitulah cerita anak band masuk industri musik, tertatih-tatih dan emang kudu siap mental. Cerita yang menarik, semoga setelah sukses nggak pernah lupa sama kejadian-kejadian awal begini…

    nge-band ternyata tidak semudah yang dikira…hihihi

    Reply
  15. anchaanwar said: Awalnya gw pikir film Indonesia Hahahaha….

    gw pikir malah film Hollywood, hahaha

    Reply
  16. luqmanhakim said: semoga setelah sukses nggak pernah lupa sama kejadian-kejadian awal begini…

    kalo baca sejarahnya band macam GIGI sama Padi pas ngirim demo awal ke label.. seru banget deh. ga nyangka bakal bisa setenar sekarang..

    Reply
  17. thebimz said: ga nyangka bakal bisa setenar sekarang..

    dan me-“legenda”

    Reply
  18. thebimz said: gw pikir malah film Hollywood, hahaha

    semua pada ketipu sama judul kayaknya😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: