A Separation


Cerita dimulai dari sepasang suami istri yang sedang membicarakan proses perceraian mereka di depan hakim. Simin -nama sang istri- berniat mengajukan gugatan cerai kepada suaminya. Alasannya sederhana, sang suami tidak bersedia diajak bermigrasi ke negara lain. Di lain pihak, Nader, sang suami, punya alasan tersendiri mengapa ia tak bersedia keluar dari negaranya. Ayahnya, yang tinggal bersamanya dan Simin menderita Alzheimer, dan jelas tak mungkin meninggalkan seorang tua renta sendirian. Apalagi orang tersebut adalah orang tua kita sendiri. Sayangnya, meskipun sang suami setuju bercerai, Simin tetap tak bisa meninggalkan Iran. Termeh, putri tunggal mereka memilih untuk tinggal bersama ayahnya. Buntu, Simin pun memutuskan untuk sementara tinggal bersama orang tuanya.

Tidak adanya sosok istri di rumah mau tak mau membuat Nader memperkerjakan seseorang untuk membantunya mengurus rumah sekaligus sang ayah. Dari sini hadirlah Razieh, seorang perempuan yang sedang mencari pekerjaan untuk membantu suaminya yang terlilit hutang. Bersama putri kecilnya, ia diterima bekerja di kediaman Nader.

Di hari pertamanya bekerja, ternyata Razieh harus langsung berurusan dengan ayah Nader. Merasa keberatan, Razieh pun menyatakan keinginannya untuk berhenti sambil menawarkan suaminya untuk menggantikannya. Nader pun setuju dengan usul Razieh tersebut. Namun anehnya, keesokan harinya Razieh kembali ke rumah tersebut. Dia hanya akan menggantikan suaminya untuk beberapa hari, begitu alasan yang diberikannya.

Satu waktu, Razieh harus meninggalkan rumah Nader untuk sedikit urusan. Untuk mencegah ayah Nader keluar dari rumah, ia mengikat tubuh orang tua itu di ranjangnya. Beberapa waktu kemudian, Nader yang pulang ketika rumah masih kosong menemukan ayahnya terjatuh dari tempat tidurnya dengan kondisi yang nyaris sekarat. Selain itu ia juga menemukan ada sedikit uangnya yang hilang. Saking marahnya, Nader langsung memecat Razieh dan menuduh Razieh mencuri uangnya. Saat Razieh bersikeras ingin menjelaskan bahwa ia tidak mencuri, tanpa sengaja Nader mendorong tubuh Razieh hingga terjatuh.

Setelah insiden tersebut, Nader mendapat telepon dari sang istri. Dalam teleponnya Simin memberitahu kalau Razieh harus menjalani kuret setelah terjatuh di tangga rumah Nader. Urusan pun berlanjut di pengadilan. Nader yang dituntut dengan pasal pembunuhan bersikeras tidak mengetahui kalau Razieh sedang hamil. Begitu pula Razieh, bersikeras yakin kalau Nader mengetahui bahwa ia sedang hamil. Simin sendiri, meski sudah tak tinggal bersamal suaminya lagi mau tak mau harus membantu suaminya agar tak dipenjara. Bagaimanakah akhir dari perseteruan ini?

***

Meski judulnya a Separation, film ini lebih banyak bercerita tentang upaya mengetahui siapakah yang benar di antara Nader dan Razieh. Benarkah Nader tidak mengetahui kalau Razieh sedang hamil saat bekerja di tempatnya? Benarkah Nader yang menjadi penyebab Razieh kehilangan janinnya? Semuanya dibeberkan selapis demi selapis. Satu pertanyaan menggantung dari film ini, siapakah yang dipilih Termeh pada akhirnya? Sang ayah atau sang ibu?

Membawa pesan tentang akibat dari sebuah perceraian, film ini memenangkan Golden Globe untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik tahun 2012.

Next Post
Leave a comment

24 Comments

  1. film mana ini ka? india kah?

    Reply
  2. Iran yo, mba?

    Reply
  3. yant165 said: film mana ini ka? india kah?

    Iran, yan

    Reply
  4. darnia said: Iran yo, mba?

    100 buat Dani ^_^

    Reply
  5. duh kok ruwet gitu masalahnya, ntar ikutan ruwet liatnya.

    Reply
  6. nawhi said: duh kok ruwet gitu masalahnya, ntar ikutan ruwet liatnya.

    meski ruwet tapi penyampaiannya bagus, mas ihwan. baik nader maupun razieh, bahkan termeh punya alasan masing2 atas kesaksian yang mereka berikan. dan kita yang menonton seolah diajak menjadi juri dalam menilai kesaksian mereka

    Reply
  7. Si istri jd belain suaminya ya?

    Reply
  8. Eh, bagus ceritanya.

    Reply
  9. Eh, bagus ceritanya.

    Reply
  10. ivoniezahra said: Si istri jd belain suaminya ya?

    nggak juga. dia berusaha nyari jalan tengah biar suaminya nggak masuk penjara🙂

    Reply
  11. malambulanbiru said: Eh, bagus ceritanya.

    iya bagus, des🙂

    Reply
  12. Emang lagi nyari-nyari film ini…. Dapat dari mana??

    Reply
  13. mouleedeea said: Emang lagi nyari-nyari film ini…. Dapat dari mana??

    donlot. hehehe

    Reply
  14. ayanapunya said: meski ruwet tapi penyampaiannya bagus, mas ihwan. baik nader maupun razieh, bahkan termeh punya alasan masing2 atas kesaksian yang mereka berikan. dan kita yang menonton seolah diajak menjadi juri dalam menilai kesaksian mereka

    Berarti sedikit kesimpulan dari film ini walau belum nonton (hehe..) adalah dalam suatu masalah setiap orang punya pandangan dan alasannya sendiri-sendiri yah…🙂

    Reply
  15. mouleedeea said: Berarti sedikit kesimpulan dari film ini walau belum nonton (hehe..) adalah dalam suatu masalah setiap orang punya pandangan dan alasannya sendiri-sendiri yah…🙂

    kalau aku sih nangkapnya perceraian Nader dan Simin adalah sumber dari musibah yang menimpa mereka. nah dari musibah ini kita bisa berusaha memahami alasan-alasan di balik kesaksian kedua belah pihak

    Reply
  16. donlotnya dimana>😀

    Reply
  17. farikhsaba said: donlotnya dimana>😀

    kickasstorrent😀

    Reply
  18. ayanapunya said: Di hari pertamanya bekerja, ternyata Razieh harus langsung berurusan dengan ayah Nader

    suka deh dengan penggambaran tingkat ketaatan iman di sini..yg mana dia sampe perlu konsultasi via telfon dulu..one of my fave movie.. ^^

    Reply
  19. ta2surya said: suka deh dengan penggambaran tingkat ketaatan iman di sini..yg mana dia sampe perlu konsultasi via telfon dulu..one of my fave movie.. ^^

    beneer. sampe segitunya, ya. trus bagian dekat akhir itu juga, Ta. Mereka benar-benar menjunjung al qur’an sebagai sumpah tertinggi.

    Reply
  20. ayanapunya said: beneer. sampe segitunya, ya. trus bagian dekat akhir itu juga, Ta. Mereka benar-benar menjunjung al qur’an sebagai sumpah tertinggi.

    Sepertinya mesti segera nonton. Syukurlah film ini menang Golden Globe. Mudah2an dapet Oscar juga.. eh masuk nominasi ngga yah untuk kategori film asing?

    Reply
  21. mouleedeea said: Sepertinya mesti segera nonton. Syukurlah film ini menang Golden Globe. Mudah2an dapet Oscar juga.. eh masuk nominasi ngga yah untuk kategori film asing?

    masuk, kok🙂

    Reply
  22. Susah deh kalo donlot :(( semoga ntar nongol dvdnya.

    Reply
  23. masfathin said: Susah deh kalo donlot :(( semoga ntar nongol dvdnya.

    hehe. aku sekarang film kebanyakan donlot, yan🙂

    Reply
  24. pernah dengeeerrr

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: