[movie] Udaan (2010)


Rohan Singh sebelumnya adalah seorang siswa di salah satu sekolah berasrama di kota Shimla. Satu malam ia dan 3 orang temannya keluar dari gerbang sekolah, dan berangkat ke kota untuk menonton film dewasa. Saat asyik menonton, salah satu dari mereka mengganggu penonton lain yang berbuat tak senonoh. Sialnya, pria yang mereka ganggu itu ternyata adalah salah satu guru mereka. Menyadari hal tersebut, Rohan dan kawan-kawan segera berusaha melarikan diri, yang sayangnya gagal mereka lakukan.

Sebagai hukuman dari pelanggaran yang mereka lakukan, Rohan dan ketiga temannya dikeluarkan dari sekolah. Jika teman-temannya mengkhawatirkan bagaimana reaksi ayah mereka tentang hal tersebut, maka bagi Rohan, ini berarti ia akan bertemu dengan sosok ayah yang tak pernah dilihatnya selama 8 tahun. Maka dengan diantar oleh salah seorang gurunya, dikembalikanlah Rohan kepada ayahnya.

Sesampai di rumah mereka, Rohan mendapati kamarnya telah ditempati oleh seorang anak kecil. Ternyata selama ia bersekolah ayahnya telah menikah lagi (yang sayangnya tidak berhasil), dan dari perinkahan tersebut lahirlah Arjun, sang adik tiri. Sayangnya hal tersebut rupanya tak mengurangi perlakukan ayahnya pada anak-anaknya.

Sang ayah, tetaplah orang yang sama yang mengirimnya ke sekolah berasrama delapan tahun yang lalu. Seorang ayah yang mendidik anaknya dengan keras dan cenderung tak punya hati. Ia meminta anak-anaknya memanggilnya “Sir”, juga memaksakan segala kehendaknya pada anak-anaknya. Atas permintaan sang paman, Rohan berusaha mengikuti segala keinginan sang ayah. Namun pertanyaannya, sampai kapankah ia bisa bertahan?

***
Ide cerita dari film ini cukup menarik, yakni tentang hubungan seorang anak dengan ayahnya yang otoriter. Bagaimana konflik-konflik yang terjadi antara Rohan dan ayahnya, bagaimana Rohan yang tertekan atas perlakuan ayahnya, hingga bagaimana Rohan menyelesaikan masalahnya, semua diceritakan dengan cukup baik.

Meski tak ada sosok perempuan sebagai pemanis, ataupun lagu dan tarian, film ini tetap nikmat untuk diikuti. Tema film yang cukup berat bisa diimbangi dengan adanya puisi-puisi yang dibuat Rohan, juga uniknya hubungan Rohan dengan dengan Arjun, sang adik. Tambahan lagi, seluruh pemain dalam film ini berakting dengan cukup baik.

Dengan kualitas cerita serta akting para pemainnya, maka wajar saja kalau film ini mendapat banyak penghargaan di festival film di India sana.

Skor akhir : 4/5

 

Gambar pinjam dari http://filtercoffeebrews.in/wp-content/uploads/2011/01/Udaan-brothers.jpg

Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: