Kahaani


Judul : Kahaani

Produksi : 2012

Sutradara : Sujoy Gosh

Pemain : Vidya Balan, Parambrata Chatterjee, Dhritiman Chatterjee

Durasi : 2 jam 30 menit

Seorang wanita yang sedang hamil tua mendatangi kantor polisi di Kalighat, Kolkata. Mengaku bernama Vidya Bagchi, wanita tersebut berniat melaporkan hilangnya sang suami yang dikirim ke Kolkata satu bulan yang lalu. Dalam laporannya, Vidya bercerita bahwa Arnab ditugaskan ke National Data Center. Dua minggu pertama dalam tugasnya, Arnab rutin menghubungi Vidya yang tinggal di London. Setelah itu tak ada kabar lagi dari Arnab, hingga akhirnya Vidya memutuskan menyusul suaminya itu ke Kolkata.

Seorang polisi muda, Satyaki “Rana” Sinha, kemudian ditugaskan untuk membantu Vidya. Langkah pertama yang mereka lakukan, adalah dengan mendatangi hotel tempat Arnab menginap selama di Kolkata. Anehnya, ketika ia dan Rana tiba di hotel tersebut, pemilik hotel dengan yakinnya mengatakan bahwa tak pernah ada pria bernama Arnab Bagchi yang menginap di hotelnya. Vidya yang tak mau menyerah akhirnya memutuskan untuk menginap di hotel tersebut.

Keesokan harinya, Vidya melanjutkan usahanya menemukan sang suami. Kali ini tempat yang akan mereka datangi adalah National Data Center (NDC), instansi di mana Arnab ditugaskan. Sayangnya Vidya harus kembali menelan kenyataan pahit. Pihak NDC juga menyatakan bahwa Arnab Bagchi tak pernah datang ke NDC.

Secercah titik terang datang ketika kemudian Vidya dihubungi oleh  Agnes D’mello, yang merupakan kepala personalia di NDC. Dalam pertemuan mereka, Agnes mengatakan bahwa wajah Arnab Bagchi sangat mirip dengan Milan Damji, salah satu karyawan NDC yang saat ini tak diketahui keberadaannya. Tak disangka ternyata informasi Agnes tentang Milan Damji menyeret Vidya ke urusan yang lebih serius, yang bahkan bisa membahayakan dirinya. Siapakah sebenarnya Milan Damji? Dan dimanakah Arnab berada?

***

Kahaani merupakan film Bollywood yang dirilis awal 2012 ini. Dengan tokoh utama seorang wanita hamil yang mencari keberadaan suaminya, film ini sudah mencuri perhatian saya bahkan sejak melihat trailernya di tivi kabel.

Salah satu kelebihan film ini, adalah kemampuannya menjaga alur yang sudah dibuat. Mengusung genre thriller, film cukup berhasil mengaduk-aduk rasa penasaran saya sebagai penonton. Plotnya dibuat cepat dan penuh ketegangan. Sepanjang film saya dibuat menebak-nebak akan kelanjutan dari pencarian Vidya Bagchi. Meski ada bagian yang sudah bisa saya tebak sejak awal-awal menonton film, namun itu semua tak mengurangi semangat saya untuk tetap melanjutkan tontonan. Dan memang benar. Film ini memiliki ending yang luar biasa.

Vidya Balan sendiri bermain sangat cantik di film ini. Sebagai “pemain tunggal”, sudah barang tentu beban untuk menjadikan film ini menarik sepenuhnya ada di pundaknya (selain ide cerita tentunya). Dan Vidya Balan, memerankan tokoh Vidya Bagchi dengan sempurna, yang membuktikan bahwa ia memang pantas mendapat gelar aktris terbaik Bollywood.

So far, film ini bisa dibilang merupakan salah satu film Bollywood terbaik tahun ini. Naskah yang bagus, alur yang terjaga, ending yang tak terduga, dan tentunya akting brilian dari pemainnya. Kita lihat saja apakah film ini akan banyak mendapat penghargaan di festival film nanti.

Skor Akhir : 4/5

Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: