TEST PACK : YOU ARE MY BABY


Sutradara: Monty Tiwa
Pemeran: Reza Rahadian, Acha Septriasa, Renata Kusmanto, Meriam Bellina, Jaja Mihardja, Oon Project Pop, Uli Herdinansyah

Hingga tujuh tahun usia pernikahan mereka, Rahmat dan Tata belum juga dikaruniai anak. Berbagai cara sudah mereka lakukan agar bisa memperoleh keturunan. Mulai dari mengkonsumsi taoge secara rutin, hingga mempraktikkan berbagai hal yang katanya bisa membuat Tata cepat hamil. Bahkan begitu terobsesinya Tata dengan kehamilan, ia mengoleksi puluhan merk testpack yang tersimpan di salah satu laci mejanya. Sayangnya tak ada satupun dari testpack tersebut yang bisa memberinya hasil yang diharapkan.

Sebagai istri Tata jelas sangat khawatir. Ia sangat ingin membahagiakan Rahmat dengan memberinya seorang anak. Di lain pihak, Rahmat, yang begitu mencintai istrinya juga merasakan kekhawatiran. Namun kekhawatirannya lebih kepada kondisi Tata yang begitu mengharapkan kehadiran anak di pernikahan mereka. Berulang kali Rahmat meyakinkan Tata bahwa kehadiran anak bukanlah hal terpenting dalam pernikahan mereka. Bahwa ia menikahi Tata bukan karena sekadar ingin memperoleh keturunan, melainkan untuk menghabiskan sisa umurnya bersama Tata.

Satu hari, setelah melalui berbagai pertimbangan, keduanya pun memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan. Oleh dokter, Tata kemudian diberikan perawatan berupa penyuntikan hormon.  Sayangnya perawatan yang dilakukan tersebut pun tak membuahkan hasil. Dokter kemudian meminta Rahmat untuk melakukan pemeriksaan. Dan hasilnya, ternyata masalah ada di pihak Rahmat. Bagaimanakan pasangan ini melewati ujian ini? Lalu bagaimanakah pengaruh kehadiran Sinta, mantan kekasih Rahmat yang hadir kembali dalam hidupnya dengan kondisi yang sama dengannya?

***

Test Pack (You Are My Baby) merupakan film terbaru Monty Tiwa yang diangkat dari sebuah novel karangan Ninit Yunita dengan judul yang sama. Sejak membaca versi novelnya saat masih kuliah dulu, saya langsung menjadikan novel ini sebagai salah satu novel favorit saya. Bahkan bisa dibilang novel Test Pack merupakan salah satu novel yang memberikan saya gambaran dan pemahaman akan arti pernikahan. Maka tentu wajar saja ketika mengetahui novel ini akan difilmkan, saya langsung meniatkan diri untuk menontonnya.

Mulanya, ketika mengetahui tokoh Tata diperankan oleh Acha Septriasa, saya merasa sedikit kecewa. Alasannya sederhana, sosok Acha kurang bisa mewakili tokoh Tata di versi novelnya. Tata dalam novel digambarkan sebagai seorang wanita berusia 32 tahun dengan rambut pendek dan tahi lalat di atas bibirnya. Sedangkan Acha, berambut panjang dan masih berada di pertengahan usia dua puluhan. Rasanya agak sulit untuk menerimanya.

Tapi kemudian saya memutuskan untuk berdamai dengan kenyataan. Minggu siang, dengan penuh keyakinan saya meluncurkan motor saya menuju Duta Mall Banjarmasin untuk menonton film ini, sendirian. Seumur-umur belum pernah saya nonton film sendirian. Dan ironisnya, hari itu selain saya, semua penonton film Test Pack datang bersama pasangan mereka. Untungnya hari itu saya memilih bangku yang lumayan sepi, sehingga tidak terlalu terintimidasi dengan para pasangan berbahagia ini.

Sejak menit pertama film ini, saya sudah dibuat jatuh cinta oleh akting pasangan utama film ini, Reza Rahardian dan Acha Septriasa. Keduanya membawakan peran Rahmat dan Tata dengan sangat baik. Bahkan chemistry yang terjalin di antara mereka pun terasa sangat natural. Reza dengan sosok Rahmatnya yang kadang suka jail. Dan Acha dengan sosok Tata-nya yang begitu terobsesi memiliki anak.

Memasuki pertengahan film, saya dibuat tersentak. Bagian di mana Tata harus menerima kenyataan baru akan kondisi Rahmat sangat menyentuh perasaan saya. Saya turut menangis bersama Tata, dan saya turut merasakan kepedihan Rahmat. Dan kali itu, bisa dibilang saya sangat bersyukur karena menonton sendirian. Karena dengan begitu saya bisa benar-benar menikmati setiap momen film ini.

Menonton film Test Pack, bagi saya tak ubahnya dengan menonton sebuah pelajaran tentang cinta dan pernikahan. Bagaimana Rahmat mencintai Tata, dan bagaimana Tata mencintai Rahmat. Meski agak berbeda dari versi novelnya, namun bisa dibilang Monty Tiwa sudah berhasil menyampaikan pesan yang ingin disampaikan Ninit Yunita dalam novelnya. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran penulis skenario, yang juga suami dari sang penulis, Adhitya Mulya.  Di samping itu, akting cemerlang dari Reza Rahardian dan Acha Septriasa juga memberi nilai tambah bagi film ini. Acha sudah sukses menghilangkan keraguan saya pada dirinya. Dan Reza? Saya yakin sekali ada banyak sekali wanita ingin memiliki suami seperti sosok Rahmat yang diperankannya (kecuali untuk bagian mandulnya tentunya :D).

Ada cukup banyak kalimat-kalimat mutiara yang saya dapat di film ini. Namun sama seperti para penonton yang lain, saya akan memilih kalimat ini untuk selalu diingat:

“Apa adanya kamu, sudah melengkapi saya.”

Skor akhir : 3,5/5

Previous Post
Next Post
Leave a comment

15 Comments

  1. kayaknya bagus nih

    Reply
  2. pengen nonton, tapi takut nangis😦

    Reply
  3. pengiiiin nontonn….😀

    Reply
  4. Saya belum boleh nonton ya? *mewek di pojokan sambil remas2 test pack*

    Reply
  5. ayoo kita nonton..🙂

    Reply

Leave a Reply

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

