BARFI!


Barfi adalah seorang pemuda tuna rungu yang tinggal di kota Darjeeling. Satu hari seorang gadis cantik datang ke kotanya. Shruti namanya, dan Barfi pun langsung jatuh cinta kala melihatnya. Sayangnya saat menyatakan cintanya, Shruti memberi tahu Barfi kalau dia sudah bertunangan. Alih-alih mundur, Barfi kemudian menawarkan hubungan pertemanan kepada Shruti.

Di luar dugaan Barfi dengan segala keunikannya berhasil membuat Shruti jatuh hati. Sang ibu yang menyadari hal tersebut kemudian menasehati putrinya, mengingatkan betapa perbedaan antara Shruti dan Barfi bisa menjadi masalah bagi mereka nantinya. Shruti pun akhirnya mengikuti nasehat ibunya dan meninggalkan Barfi.

Setelah berpisah dari Shruti, kehidupan Barfi pun berubah. Ayahnya, yang seorang sopir di keluarga Chatterjee dipecat dari pekerjaannya. Seolah musibah tersebut tak cukup, Barfi kemudian menemukan ayahnya tergeletak tak sadarkan diri di lantai rumah mereka. Begitu ia membawa sang ayah ke rumah sakit, Barfi diberitahu kalau sang ayah menderita gagal ginjal dan ia diharuskan menyiapkan uang sejumlah 7000 Rupee untuk biaya operasi.

Kondisi keuangan yang buruk memaksa Barfi melakukan tindakan kriminal. Awalnya dia berencana menculik Jhilmil, gadis autis putri tuan Chatterjee yang juga teman masa kecilnya. Sialnya, saat ia tiba di rumah Chatterjee untuk menjalankan rencananya, seseorang ternyata sudah lebih dahulu menculik Jhilmil. Barfi pun menjalankan rencana kedua, merampok bank. Lagi-lagi rencana kedua ini gagal. Saat ia berusaha lari dari kejaran polisi, Barfi menemukan Jhilmil sedang tertidur pulas dalam sebuah mobil. Barfi kemudian melarikan mobil tersebut, dan dimulailah perjalanannya bersama Jhilmil.

***

Jujur awalnya saya tak memiliki ekspektasi besar akan muatan cerita dari film ini. Saya bahkan sempat berpikir bahwa film ini adalah one man show-nya Ranbir Kapoor.  Sebuah film yang hanya mengandalkan nama besar tokoh utama, namun miskin cerita, begitu pikir saya.

Namun rupanya dugaan saya keliru.Barfi! ternyata memiliki muatan cerita yang bahkan tak bisa saya tebak. Kisah cinta segitiga yang ditawarkan sangatlah tak biasa, terutama untuk sebuah film Bollywood. Namun ketidakbiasaan inilah yang pada akhirnya membuat kisah cinta tersebut terasa sangat indah. Keindahan ini kemudian semakin terasa ketika kita disuguhkan pemandangan menawan kota Darjeeling, sebuah kota di negara India yang terletak di kaki pegunungan Himalaya.

Ranbir Kapoor jelas merupakan magnet utama dalam film ini. Dia tampan, dan berakting sangat bagus. Meski begitu, keberadaan dua tokoh wanita dalam film ini juga tak bisa dianggap enteng. Baik Ileana D’Cruz -yang merupakan pendatang baru-, ataupun Priyanka Chopra -yang bersedia tampil jelek demi memerankan seorang gadis autis-, berakting tak kalah bagus dengan Ranbir Kapoor.

Dengan muatan cerita yang tak biasa, akting menawan dari pemainnya, serta keindahan sinematografi yang diberikan, rasanya hanya satu kata yang bisa saya berikan untuk film ini,”INDAH!”

Judul  : BARFI!

Produksi : 2012

Sutradara :Anurag Basu

Pemain : Ranbir Kapoor, Priyanka Chopra, Ileana D’Cruz

Durasi : 2 jam 30 menit

Skor Akhir : 4/5

Previous Post
Leave a comment

5 Comments

  1. barfi adalah film yang membangkitkan kefanatikan sinema Hindi setelah sekian lama gak nonton hehehe..
    semua elemen dalam film ini pas racikannya…

    Reply
    • kalau aku kyknya setelah nonton rockstar dan zindagi na milegi doobara deh (plus 3 idiots juga ding). pas waktu itu juga tau link buat donlot flm India. makin merajalela lah. tahun ini banyak banget yang mau ditonton😀

      Reply
  2. ziva agryzeta

     /  June 24, 2016

    Aku suka film ranbir kapoor tapi di setiap filmnya itu pasti ada adegan ciumannya.
    Bahkan di film BARFI! Ini meski dia Idiot ada aja adegan ciuman nya.

    Reply
  1. Cinta dalam kekurangan | mysecondescape

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: