The Shawshank Redemption


https://i1.wp.com/reviewsin5.com/wp-content/uploads/2011/12/Tim-Robbins-as-Andy-Dufresne-and-Morgan-Freeman-as-Ellis-Boyd-Red-Redding-listaldotcom.jpg

Andy Dufresnee, seorang bankir, didakwa dengan tuduhan telah membunuh dua orang secara keji, yakni istrinya, dan pria selingkuhan sang istri. Meski menyangkal tuduhan yang diberikan kepadanya, namun bukti-bukti yang ada menunjukkan bahwa dialah pelaku pembunuhan tersebut. Akhirnya Andy pun dijebloskan ke penjara Shawshank dengan hukuman seumur hidup.

Di Shawshank, kehidupan Andy tak jauh berbeda dengan narapidana lainnya. Dia bekerja di bagian laundry, tak banyak bicara dan kadang terlibat perkelahian dengan narapidana yang lainnya. Di Shawshank ini pula Andy berkenalan dengan Red, seorang narapidana senior di tempat tersebut. Red bisa dikatakan sebagai penyuplai barang-barang di Shawshank. Jika kau ingin rokok, minuman keras, bahkan poster, katakan saja pada Red, maka dia akan mendapatkan benda tersebut untukmu.

Satu hari, dalam sebuah kesempatan, Andy menunjukkan kemampuan analisa keuangannya kepada beberapa sipir penjara. Dan sejak saat itu, kehidupan Andy di dalam penjara Shawshank pun mulai berubah. Mulai dari dipindah dari bagian laundry ke bagian buku, menjadi konsultan keuangan bagi beberapa sipir penjara, hingga akhirnya berhasil mendirikan sebuah perpustakaan di Shawshank.

Setelah menjalani masa hukuman selama dua puluh tahun, seorang tahanan baru datang di kehidupan Andy. Namanya Tommy. Awalnya di mata Andy dia hanyalah seorang anak muda yang menemuinya untuk belajar membaca dan menulis. Namun ketika Tommy menceritakan sebuah cerita tentang pembunuhan yang terjadi 20 tahun sebelumnya, Andy pun mulai berpikir tentang kebebasannya.

***

Diangkat dari salah satu cerpen Stephen King, The Shawshank Redemption sukses memperlihatkan kepada kita bagaimana kehidupan di balik dinding tebal penjara. Ada kekerasan di sana, namun juga ada persahabatan, dan juga harapan.

Judul  : The Shawshank Redemption

Produksi : 1994

Sutradara : Frank Darabot

Pemain : Tim Robbins, Morgan Freeman, Bob Gunton

Durasi : 2 jam 22 menit

Skor Akhir : 5/5

Previous Post
Next Post
Leave a comment

5 Comments

  1. Film no 1 versi imdb.com selama 25 thn, even more, tak tergoyahkan! A must see movie!

    Reply
  2. Good one, but I still like the novella better.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: