Incendies


Setelah kematian sang ibu, sepasang saudara kembar -Simon Marwan dan Jeane Marwan- mendapat surat wasiat dari ibu mereka tersebut. Dalam wasiatnya tersebut, Nawal -sang ibu- memberikan dua amplop berbeda kepada Simon dan Jeane. Pada Jeane, Nawal meminta agar amplop tersebut diserahkan kepada ayahnya, tentunya setelah Jeane terlebih dahulu menemukan keberadaan sang ayah. Sementara untuk Simon, Nawal berwasiat agar amplop yang dititipkan kepadanya diserahkan kepada saudara laki-laki mereka, yang juga harus dicari keberadaannya oleh Simon.

Awalnya baik Simon maupun Jeane sempat bingung dengan permintaan terakhir sang ibu. Bagaimana tidak? Selama ini yang mereka ketahui adalah ayah mereka sudah meninggal pada perang di Daresh. Dan tentang saudara laki-laki, Nawal tak pernah memberitahu mereka sampai susat wasiat itu diberikan. Karena itu wajar jika Simon menganggap permintaan terakhir ibunya mengada-ngada.

Berbeda dengan Simon, Jeane merasa perlu untuk memenuhi permintaan ibunya. Berbekal sebuah foto lama sang ibu, gadis itu bertolak menuju Lebanon, kampung halaman Nawal. Perjalanan tersebut kemudian mengantarkan Jeane ke sebuah penjara bernama Kfar Ryat, tempat sang ibu pernah ditahan selama bertahun-tahun dan melahirkan bayinya di sana. Merasa telah menemukan jejak sang kakak, Jeane kemudian menghubungi Simon untuk menyusulnya.

***

Incendies merupakan film Kanada yang dirilis tahun 2010 lalu. Mengambil setting Kanada dan daerah Timur Tengah, film ini berhasil menyabet berbagai penghargaan di berbagai festival, bahkan masuk dalam nominasi Oscar untuk Film berbahasa asing terbaik. Alur ceritanya sendiri berjalan maju mundur. Dimulai dari pertemuan saudara kembar Jeane dan Simon dengan pengacara sang ibu, kemudian dilanjutkan dengan cerita tentang Nawal sendiri, dan dimulainya perjalanan Jeane menemukan sang ayah. Rahasia demi rahasia terkuak dalam setiap perjalanan yang dilakukan Jeane tersebut. Hingga akhirnya cerita tiba di satu titik dimana akhirnya kita mengerti mengapa film ini diberi judul Incendies. Dan layaknya reaksi Jeane ketika mengetahui hal tersebut, saya pun merasa mual dibuatnya.

Judul  : Incendies

Produksi : 2010

Sutradara : Dennis Villeneuve

Pemain : Lubna Azabal, Mélissa Désormeaux-Poulin, Maxim Gaudette, Remy Girard

Durasi : 2 jam 10 menit

Skor Akhir : 4/5

Previous Post
Leave a comment

3 Comments

  1. hensamfamily

     /  January 23, 2013

    Bagus deh ini kayaknya ?
    Tapi jadi mual kenapa Yan?
    Kamu udah nonton The Return belum? film Rusia.

    Reply
    • iya bagus. judulnya kan incendies tuh. berarti kan ada hubungan sedarah gitu. sepanjang film saya nebak-nebak siapa sama siapa. taunya…euuuuhhh. shock berat!!
      the return bagus ga?

      Reply
      • hensamfamily

         /  January 24, 2013

        the return bagus bgt menurut saya. tentang kembalinya seorang ayah setelah sekian lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: