ENGLISH VINGLISH


“Pengalaman pertama tidak terjadi dua kali. Jadi nikmatilah,” ujar pria tua tersebut saat Sashi Godbole sedang mengutuki dirinya yang salah memberikan jawaban pada seorang petugas imigrasi sesampainya ia di Amerika. Wejangan yang pendek, namun cukup menenangkannya. Sama seperti yang dilakukan pria tersebut dalam lima belas jam penerbangan mereka dari India sebelumnya.

Kedatangan Sashi ke Amerika kali ini adalah dalam rangka menghadiri pernikahan salah satu keponakannya. Semuanya tentu akan lebih mudah jika saja ia berangkat bersama suami dan anak-anaknya. Namun Mannu, sang kakak menginginkan Sashi datang tiga minggu lebih awal untuk membantunya mempersiapkan pernikahan. Jadilah Sashi dengan segala ketakutannya berangkat ke Amerika seorang diri.

Dalam kesehariannya sendiri, Sashi Godbole hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa. Sehari-hari pekerjaannya mengurus suami dan dua anaknya, serta sang ibu mertua. Untuk mengisi waktu (dan menambah penghasilan), ia membuat laddo untuk dikirimkan kepada para langganannya. Laddo buatan Sashi memang terkenal sangat enak. Dan hal itulah yang menjadi salah satu kebanggaannya.

Meski begitu, ada satu masalah yang kerap membuat Sashi merasa rendah diri. Ia tak pandai berbahasa Inggris. Ironisnya lagi, kondisinya tersebut membuatnya kerap direndahkan oleh suami dan anaknya sendiri. Bahkan putri sulungnya, Sapna, secara terang-terangan mengatakan kalau ia merasa merasa malu saat harus mempertemukan sang ibu dengan gurunya.

Saat berada di Amerika sendiri, Sashi mendapat perlakuan yang sangat baik oleh adik maupun keponakannya. Tak ada satu pun dari mereka yang mempermasalahkan atau mengungkit kondisinya yang tak pandai berbahasa Inggris. Sangat jauh berbeda dengan perlakuan anak-anaknya sendiri. Meski begitu, tetap saja Sashi merasa tak nyaman dengan kondisinya tersebut. Hingga akhirnya sebuah kejadian membuatnya mengambil keputusan. Sudah waktunya bagi Sashi Godbole untuk belajar bahasa Inggris, meski waktu yang dimilikinya hanya 4 minggu!

***

Dari segi cerita, materi yang dibawa English Vinglish bisa sangatlah menarik, bahkan bisa jadi menohok hati kita. Tak hanya bercerita tentang perjuangan seorang wanita untuk bisa berbahasa Inggris, film ini juga memperlihatkan pada kita bagaimana terkadang kita tanpa sadar telah melukai orang yang kita cintai melalui kelemahan yang dimilikinya.

Alur film berjalan cukup mulus, dengan sedikit menyisipkan unsur orang ketiga sebagai pemanis cerita. Sridevi berakting bagus di film ini. Namun di mata saya, yang paling menarik perhatian di film ini adalah Priya Anand, yang memerankan sosok Radha, keponakan Sashi. Karakternya yang ceria memberi warna tersendiri dalam film ini.

English Vinglish sendiri merupakan film yang menandai kembalinya Sridevi ke pentas Bollywood setelah vakum selama 14 tahun. Disutradarai oleh Gauri Shinde, film ini mendapat apresiasi yang baik dari berbagai pihak, terutama untuk akting Sridevi yang menawan. Gauri Shinde sendiri memperoleh penghargaan Best Debut Director pada penganugerahan Filmfare Award ke-58 yang diselenggarakan 20 Januari yang lalu.

Judul  : English Vinglish

Produksi : 2012

Sutradara : Gauri Shinde

Pemain : Sridevi, Adil Hussain, Mehdil Nebbou

Durasi : 129 menit

Skor Akhir : 4/5

Previous Post
Next Post
Leave a comment

5 Comments

  1. iyah… Radha itu… malah kayak bahagia banget kalo bareng Shashi yah, kesannya kayak anak sendiri…

    Reply
  2. Sridevi dengan kenangan masa kecil nonton Nagin dulu itu wuah beda banget… malah ndak nyangka Sridevi aka Shashi ini yang dulu main di film Nagin. malah ndak ngerasa ini Sridevi, bener-bener keliatan riil sosok Shashi di film ini…

    Reply
  1. Tentang pernikahan | SAVING MY MEMORIES

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: