ARGO


Pada 4 November 1979, sebuah demo besar-besaran terjadi di depan kedutaan Amerika Serikat di Teheran, Iran. Dalam peristiwa tersebut, pihak pendemo menuntut agar Amerika mengembalikan Shah Reza yang saat itu berada di New York. Lebih dari 50 staff kedutaan dijadikan sandera, kecuali 6 orang yang berhasil melarikan diri dan bersembunyi di kediaman duta besar Kanada.

Mengetahui bahwa ada warganya yang berhasil “menyelamatkan diri”, pihak Amerika pun mulai memikirkan berbagai cara agar enam orang tersebut bisa kembali ke Amerika. Berbagai ide pun ditawarkan. Mulai dari menyamarkan keenam orang tersebut sebagai guru yang mengajar di Iran, hingga sukarelawan. Namun melihat kondisi di Iran saat itu, semua ide tersebut akhirnya tidak bisa disetujui. Hingga akhirnya Tony Mendez, seorang agen CIA yang turut serta dalam rapat tersebut mengemukakan idenya. Ide yang diperolehnya saat menelpon sang putra sambil menonton sebuah serial televisi. Menyamar sebagai kru pembuat film dari Kanada yang meninjau lokasi syuting di Iran, itulah ide yang ditawarkannya.

Persiapan pun dilakukan. Mulai dari memilih produser hingga skenario yang akan digunakan untuk misi penyelamatan mereka. Dari sekian banyak skenario tersebut, terpilihlah Argo, sebuah kisah berbau luar angkasa dengan setting lokasi yang sangat pas dengan Iran. Setelah semua siap, berangkatlah Tony menuju Iran, menjemput enam “kru-nya” yang sedang meninjau lokasi syuting di sana.

***

Argo merupakan film yang diangkat dari buku berjudul The Master of Disguise milik Antonio Mendez serta artikel berjudul The Great Escape milik Joshuah Bearman. Kisah dari film Argo ini sendiri juga merupakan salah satu peristiwa sejarah yang cukup penting baik bagi pihak Iran maupun Amerika Serikat.

Disutradarai langsung oleh Ben Affleck, sepanjang film saya diajak menelusuri peristiwa sejarah yang terjadi di tahun 1979 tersebut. Jujur saat membaca sinopsis cerita film ini, saya merasa tak ada yang istimewa dengan ceritanya. Sebuah misi penyelamatan, dengan kedok membuat film? Terdengar nggak banget, bukan? Mirip dengan reaksi petinggi AS saat Tony mengemukakan idenya. Namun begitu melihat sendiri bagaimana film ini berjalan, harus saya akui kalau Ben Affleck bekerja sangat baik dalam film ini. Mulai dari setting tahun 70-an yang terasa sangat nyata, hingga plot yang terasa semakin intens jelang akhir cerita. Bagian terbaik dari film ini, adalah ketika saya dengan suksesnya jejeritan tak karuan pada adegan klimaksnya, untuk kemudian menyeka sudut mata karena perasaan lega. Benar-benar epik!

Dengan cerita yang tersusun rapi, serta penyutradaraan yang baik, wajar saja kalau film ini mendapat begitu banyak penghargaan di festival film, mulai dari Golden Globe, BAFTA, hingga meraih penghargaaan paling bergengsi di Academy Award ke 85 yang lalu.

Meski begitu, keberhasilan Argo meraih gelar film terbaik di Academy Award tersebut menuai protes keras dari pihak Iran, yang menganggap film ini telah mengaburkan fakta sejarah. Yah, kalau kata saya wajar saja kalau film ini pro Amerika, wong yang bikin orang Amerika. Kabarnya lagi, Iran berencana membuat film tandingan yang akan membeberkan fakta dari pihak Iran seputar peristiwa tersebut.

Terlepas dari kontroversi yang terjadi tersebut, mau tidak mau kita harus mengakui kalau Argo adalah sebuah film yang sangat layak tonton.

Judul  : Argo

Produksi : 2012

Sutradara : Ben Affleck

Pemain : Ben Affleck, Bryan Cranston, Alan Arkin, John Goodman

Durasi : 120 menit

Skor Akhir : 4/5

Previous Post
Leave a comment

2 Comments

  1. Film ini diprotes masyarakat Iran karena ada pemalsuan sejarah saat peristiwa 1979, dan lebih mengedepankan propaganda CIA. Untuk sekedar hiburan bolehlah. Tapi gak perlu meyakini fakta sejarah yang disampaikan dalam film itu.

    Reply
    • iya, mas iwan. saya juga ada baca tentang itu. saya juga menganggap film ini menang oscar karena pro amerika gitu. seperti yang saya tulis di review itu, ide dari misi penyelamatannya rada menggelikan gitu.
      tapi emang penyutradraannya bagus sih.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: