FASHION


Menjadi seorang model profesional sudah menjadi impian Meghna Matur sejak lama. Untuk mewujudkan impiannya tersebut, ia kerap mengikuti kontes kecantikan yang diadakan di kotanya. Dan karena ia merasa kotanya terlalu kecil untuk bisa mewujudkan mimpinya, Meghna memutuskan sudah waktunya ia hijrah. Dan meski tidak mendapat persetujuan dari sang ayah, Meghna tetap berangkat ke kota Mumbai, menemui Rohit, asisten desainer yang dikenalnya saat mengikuti kontes kecantikan di Chandigar, kampung halamannya.

Layaknya pendatang baru lainnya, Meghna harus terlebih dahulu mengalami jatuh bangun dalam menggapai mimpinya. Jalan mulai terbuka ketika Meghna berhasil menarik perhatian Abhijit Sarin, salah satu pemilik agency model ternama di Mumbai. Atas kuasa Sarin, Meghna pun ditunjuk menjadi “Face of Panache” yang baru, menggantikan Shonali Gujral yang sebelumnya posisinya tak tergoyahkan.

Seiring dengan meroketnya karirnya, perubahan pun mulai terjadi pada diri Meghna. Dari gadis muda yang polos berubah menjadi seorang supermodel dengan segala keangkuhannya. Kedekatannya dengan Sarin juga membuat Meghna yakin kalau posisinya tak mungkin digeser layaknya dia menggeser posisi Shonali sebelumnya. Hingga akhirnya rasa percaya dirinya kemudian berubah menjadi bumerang untuknya. Entah inikah yang disebut karma, namun pada akhirnya Meghna harus mengalami hal yang sama dengan Shonali. Dijatuhkan dari puncak tertinggi.

***

Fashion merupakan film kedua Madhur Bhandarkar yang saya tonton setelah Page 3. Dan sama seperti Page 3, Fashion juga menyoroti hingar-bingar dunia hiburan di India. Bedanya, jika dalam Page 3 tokoh utamanya adalah seorang wartawan yang bekerja di sebuah majalah, maka Fashion menyoroti dunia modelling dengan segala tetek bengeknya.

Untuk plot, awalnya saya berpikir akan terjadi persaingan yang alot antara tokoh Meghna dengan sosok Shonali, sang supermodel yang posisinya sudah digeser oleh Meghna. Entah itu jambak-jambakan atau saling menyindir. Namun pada akhirnya saya harus menerima kenyataan bahwa sosok Shonali bisa dibilang hanya sebagai pelengkap cerita perjalanan kehidupan Meghna.

Untungnya, meski porsinya tak terlalu banyak, Kangana Ranaut berhasil memerankan sosok Shonali ini dengan sangat baik. Bahkan bisa dibilang dia berhasil mencuri perhatian ketimbang sosok Meghna yang hadir di sepanjang cerita. Karakternya yang kuat membuat setiap kemunculannya selalu terasa “memorable.” Entah itu saat ia berjalan di atas catwalk, atau saat dia harus mengatasi ketergantungannya pada narkoba. Saking kuatnya karakternya ini, saya bahkan sempat merasa rindu saat ia tak kunjung muncul di layar. Priyanka sendiri sebenarnya bermain cukup apik dalam film ini. Namun tetap saja buat saya Kangana Raut-lah yang benar-benar bersinar di film ini.

Untuk cerita sendiri, seperti yang saya tulis di atas, plot yang disusun jauh berbeda dari yang saya pikirkan. Jadi bisa dibilang saya agak sedikit kecewa dengan cerita film ini. Cerita terlalu terfokus pada Meghna, yang membuat cerita tokoh yang lain terasa sebagai tempelan. Konflik yang diberikan pun terasa datar dan biasa saja. Berita baiknya, Madhur Bhandarkar berhasil memberikan ending yang sangat baik untuk film ini. Bahkan bisa dibilang pada titik itulah film ini mencapai klimaksnya.

***

Judul  : Fashion

Produksi : 2008

Sutradara : Madhur Bhandarkar

Pemain : Priyanka Chopra, Kangana Ranaut, Mughda Godse, Arbaaz Khan

Durasi : 178 menit

Skor Akhir : 3/5

Leave a comment

3 Comments

  1. kirain kamu nulis tentang fashion gitu pembahasannya, hehe

    Reply
  1. AKTRIS BOLLYWOOD MASA KINI | SAVING MY MEMORIES

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: