GOOD WILL HUNTING


Will Hunting, 20 tahun, adalah seorang pemuda jenius bekerja sebagai pembersih toilet di MIT. Dia memiliki 3 sahabat, Chuckie Sullivan, Billy McBride, dan Morgan O’Mally. Saat waktunya sedang senggang, Will dan kawan-kawannya menghabiskan waktu dengan berkumpul di kafe, menonton pertandingan baseball, dan kadang berbuat onar.

Satu hari, profesor Lambeu, salah satu pengajar di MIT membuat soal untuk dipecahkan mahasiswanya. Soal tersebut ditulis di papan tulis yang ada di koridor kampus. Will kemudian tanpa sengaja melihat soal tersebut. Merasa tertantang, ia pun menuliskan pemecahan dari soal yang diberikan profesor Lambeu. Seisi kampus pun gempar! Semua orang penasaran siapakah gerangan orang yang berhasil menjawab soal rumit tersebut.

Untungnya tak perlu waktu lama bagi profesor Lambeu untuk mengetahui sosok yang membuatnya penasaran tersebut. Sayangnya ketika berhasil menemui Will, anak itu ternyata sedang menjalani sidang atas perkelahian yang dilakukannya. Tak ingin kejeniusan Will tersia-siakan, profesor Lambeu pun mengambil tindakan dengan meminta pengadilan untuk menjaminkan Will di bawah pengawasannya.

Setelah bebas, profesor Lambeu pun menghubungi beberapa rekan psikolog untuk menangani Will. Sayangnya tak ada satu pun psikolog yang tahan dengan kelakuan Will selama sesi terapi. Sampai akhirnya profesor Lambeu menghubungi teman kuliahnya yang saat itu bekerja sebagai dosen psikologi di Bunker Hill Community College, Sean Maguire.

Seperti sesi terapi lainnya, saat bersama profesor Maguire, Will pun bersikap menyebalkan. Ia banyak bicara, terus-terusan melakukan analisa atas psikolog yang sedang menanganinya, bahkan sempat membuat profesor Maguire tersinggung. Namun mungkin karena rasa penasarannya, alih-alih mundur, profesor Maguire memutuskan untuk tetap menangani Will. Jadwal pertemuan rutin pun disusun. Pelan tapi pasti, profesor Maguire mulai berhasil menyelami kepribadian Will, dan mungkin membantunya menentukan masa depannya.

***

Salah satu hal yang membuat saya tertarik menonton film tentunya adalah predikat oscar winner yang dimilikinya untuk kategori naskah skenario asli terbaik. Adalah Matt Damon dan Ben Affleck, dua sahabat yang sama-sama sedang berjuang menjadi aktor di kancah perfilman Hollywood. Sama-sama merasa frustasi dengan karir yang mandek, keduanya pun membuat naskah bersama yang kemudian diserahkan pada agen mereka. Naskah tersebut kemudian difilmkan, memperoleh 2 piala Oscar (Best Original Screenplay dan Best Actor in Supporting Role), dan sisanya adalah sejarah.

Sebagai penonton umum, salah satu kekuatan yang bisa pada lihat skenario film ini adalah dialognya, yang sangat cerdas. Salah satu yang paling saya suka, adalah saat Will berusaha menjelaskan kejeniusannya kepada Skylar, gadis yang dikencaninya. Berikut dialognya:

Will: Do you play the piano?

Skylar: A bit.

Will: Okay, when you look at a piano you see Mozart, right?

Skylar: I see “Chopsticks.”

Will: Beethoven, okay. He looked at a piano, and it just made sense to him. He could just play.

Skylar: So what are you saying? You play the piano?

Will: No, not a lick. I mean, I look at a piano, I see a bunch of keys, three pedals, and a box of wood. But Beethoven, Mozart, they saw it, they could just play. I couldn’t paint you a picture, I probably can’t hit the ball out of Fenway, and I can’t play the piano.

Skylar: But you can do my o-chem paper in under an hour.

Will: Right. Well, I mean when it came to stuff like that… I could always just play.

So, now I kwow that how a genius thinking🙂

***

Judul  : Good Will Hunting

Produksi : 1997

Sutradara : Gus Van Sant

Penulis Skenario : Ben Affleck, Matt Damon

Pemain : Matt Damon, Robin Williams, Minnie Driver, Ben Affleck, Stellan Skarsgård

Durasi : 126 menit

Skor Akhir : 4/5

Leave a comment

5 Comments

  1. (salah satu) film yang aku sukaaaaaaaa banget🙂 Hebat ya Affleck dan Damon duet nulis naskahnya ^^ Aktingnya juga jempolan🙂

    Reply
  2. one of my fave movies ever!

    Reply
  3. film yang selalu bikiin mewek …

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: