DOG DAY AFTERNOON


“This is too much! This is too much!”

Hanya itulah kalimat yang bisa keluar dari bibir Sonny saat mengetahui bahwa tidak ada uang lagi di brankas bank yang ada di hadapannya. Ini sungguh di luar rencana! Sal dan ia datang ke bank tersebut untuk merampok. Dan yang ia dapatkan hanyalah uang sejumlah 1.100 dolar! Sungguh keterlaluan!

Belum lagi hilang rasa terkejut akibat sedikitnya uang yang diperolehnya, Sonny mendapat kejutan lain. Sebuah telepon ditujukan untuknya. Datang dari Detektif Polisi Sergeant Eugene Moretti, yang sedang mengawasi kegiatannya dari toko seberang. Ya! Sonny ketahuan! Dan saat ia sedang berbicara dengan Moretti, sekumpulan mobil polisi sudah berkumpul di luar bank, siap untuk meringkusnya kapan saja.

Menolak untuk menyerah begitu saja, Sonny dan Sal akhirnya memutuskan untuk menjadikan para karyawan bank sebagai tawanan. Kepada Moretti Sonny mengajukan beberapa permintaan sebagai tebusan dari para tawanan tersebut. Pertama dia meminta agar dipertemukan dengan istrinya. Sonny juga meminta dikirimkan helikopter yang akan membawa ia dan Sal ke luar negeri. Selain permintaan-permintaan tersebut, Sonny juga mengajukan permintaan-permintaan tambahan berkaitan dengan kondisi para tawanannya.

Satu per satu permintaan Sonny dipenuhi. Istrinya, yang ternyata seorang pria didatangkan langsung dari tempat kerjanya. Leon, begitu namanya langsung pingsan begitu melihat Sonny memanggilnya. Rupanya Leon inilah yang menjadi alasan Sonny melakukan perampokan. Dia ingin membiayai biaya operasi kelamin Leon. Adapun tentang helikopter, karena kondisi atap bangunan tidak memungkinkan untuk dijadikan landasan helikopter, maka Moretti menggantinya dengan pesawat jet, dan Sonny beserta Sal juga seluruh tawanan akan diantarkan dengan mobil ke bandara nantinya.

Hingga saat mobil yang akan mengantarnya tiba, segala rencana Sonny tampak berjalan sempurna. Sayangya ia tidak tahu kalau FBI dan polisi juga punya rencana lain untuknya.

***

Satu lagi film Al Pacino yang saya tonton. Diangkat dari sebuah kisah nyata perampokan bank yang dilakukan oleh John Wojtowitcz, yang kemudian dijadikan artikel berjudul “The Boys in the Bank”. Al Pacino bermain sangat brilian dalam film ini. Bahkan bisa dibilang ini adalah penampilan favorit saya. Penggarapannya sendiri juga sangat baik. Saya seolah tidak melihat film, melainkan sebuah dokumenter dari sebuah kejadian. Dog Day Afternoon sendiri memenangkan piala Oscar 1976 untuk kategori Best Writing, Original Screenplay.

Produksi : 1975

Produser: Martin Bregman, Martin Elfand

Sutradara : Martin Brest

Penulis Skenario : Frank Pierson

Pemain : Al Pacino, John Cazale, Charles Durning, James Broderick, Chris Sarandon

Durasi : 125 menit

Skor Akhir : 4/5

Previous Post
Next Post
Leave a comment

2 Comments

  1. Yaa… demi lelaki ternyata🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: