RAANJHANAA


Kundan, seorang putra pendeta Hindu yang jatuh hati pada Zoya, seorang gadis muslim di kota Benaras. Bertahun-tahun Kundan menyimpan perasaannya pada Zoya, hingga akhirnya ia berhasil mendapatkan hati Zoya di kelas 10. Sayangnya karena perbedaan agama, hubungan tersebut tak bisa dilanjutkan. Zoya sendiri kemudian dikirim keluarganya ke luar kota Benaras untuk melanjutkan sekolahnya.

Delapan tahun berselang, Zoya pun kembali ke Benaras. Kundan, masih dengan cinta yang sama untuk Zoya menyambut dengan bahagia kedatangan gadis pujaannya tersebut. Sayangnya, masa delapan tahun rupanya telah berhasil menghapus rasa cinta Zoya kepada Kundan. Lebih parahnya lagi, Zoya ternyata juga sudah mencintai pemuda lain yang dikenalnya selama berkuliah di Delhi.

Demi rasa cintanya pada Zoya, Kundan akhirnya setuju untuk membantu Zoya agar bisa menikah dengan pria yang dicintainya. Ironisnya, tepat di hari pernikahan Kundan mengetahui kalau calon suami Zoya sebenarnya beragama Hindu, sama seperti dirinya. Tak terima dengan kenyataan tersebut, Kundan langsung datang ke keluarga Zoya dan memberitahukan kebenaran tersebut.

Tindakan sembrono Kundan jelas berakibat fatal. Zoya berusaha bunuh diri. Dan Jasjeet sendiri (calon suami Zoya) dihajar hingga babak belur oleh pihak keluarga Zoya. Merasa bersalah, Kundan kemudian mengajak Zoya berangkat ke Punjab agar bisa menikah dengan Jasjeet.

Sesampai di Punjab, lagi-lagi Kundan harus mendapat kejutan. Jasjeet meninggal. Zoya pun meninggalkan Punjab sementara Kundan dengan linglung berkelana ke berbagai kota. Kedua orang ini bertemu kembali di Delhi, saat Zoya dan teman-teman partai yang didirikan Jasjeet sedang berdemo di jalanan. Kali ini, untuk menebus rasa bersalahnya pada Zoya, Kundan pun bergabung dengan partai tersebut. Bisakah ia memenangkan hati Zoya kembali?

***

Awalnya saya cukup ragu dengan kehadiran Dhanush sebagai pemeran utama dalam film Bollywood yang satu ini. Sosoknya yang asing dan juga penampilan fisiknya yang berbeda dengan aktor-aktor Bollywood lainnya menjadi alasan utama dengan keraguan saya ini. Namun di lain pihak, saya juga cukup penasaran dengan aktingnya yang dari trailer filmnya saja terlihat sangat meyakinkan. Dan kemudian, setelah bertanya pada mbah Google, barulah saya tahu kalau Dhanush ini aktor terkenal dari India Selatan yang sudah memenangi penghargaan prestisius semacam National Award. Kalau sudah begini, jelas dong saya tidak bisa memandang sebelah mata padanya :)

Dan usai menyeka air mata di akhir film Raanjhanaa, saya harus memberi acungan jempol pada akting Dhanush yang sangat keren di film ini. Dia berhasil memberikan nyawa pada kisah cinta romantis yang tak biasa ini. Pergeseran karakter Kundan dari yang periang menuju sosok yang dihantui rasa bersalah benar-benar terasa natural. Dhanush berhasil membawakan sosok Raanjhanaa dengan sangat baik (Raanjhanaa berarti beloved one atau yang terkasih). Oya, jangan lupa Sonam Kapoor dan pemeran pendukung lain juga berperan cukup apik dalam film ini. Ditambah dengan iringan musik yang apik dari A. R. Rahman, saya rasa, film ini bisa masuk dalam jajaran film romance terbaik bollywood tahun ini (bersama dengan Aashiqui 2).

Judul : Raanjhanaa (Beloved One)

Produksi : 2013

Produser: Krishika Lulla

Sutradara : Anand L. Rai

Penulis Skenario : Himanshu Sharma

Pemain : Dhanush, Sonam Kapoor, Abhay Deol

Durasi : 140 Menit

Skor Akhir : 3,5/5

Next Post
Leave a comment

11 Comments

  1. jampang

     /  September 24, 2013

    sudah baca tadi di rumah sebelah😀

    Reply
  2. oh di sini rumah sebelahnya mbak hehehe
    mantep nih dibikinin wp khusus review…

    Reply
  1. AKTRIS BOLLYWOOD MASA KINI | SAVING MY MEMORIES

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: