PARINEETA


Parineeta (2005 film)

Setelah kedua orang tuanya meninggal, Lalita tinggal di kediaman pamannya di Calcutta. Oleh Koel, sang sepupu, Lalita kemudian diperkenalkan pada Shekar Rai, putra tunggal Navin Rai, tetangga mereka yang juga merupakan seorang pengusaha. Persahabatan pun terjalin antara Lalita dan Shekar. Keduanya kerap menghabiskan waktu dengan bermain musik bersama. Shekar bahkan mengijinkan Lalita mengambil uang dari lemarinya jika gadis tersebut memerlukan sesuatu.

Setelah sama-sama dewasa, persahabatan antara Shekar dan Lalita semakin berkembang. Meski tak pernah terucap, jelas sekali terlihat bagaimana Shekar sangat bergantung pada Lalita dan kerap mencemburuinya. Lalita sendiri juga memperlihatkan kesetiannya yang besar pada Shekar. Namun saat mengetahui rumah sang paman -yang sudah digadaikan- akan dijadikan hotel oleh Navin Rai, Lalita tidak memiliki pilihan kecuali menerima bantuan Girish, seorang pengusaha muda yang baru datang dari London dan menaruh hati padanya.

Hutang pun dibayarkan. Sayangnya pelunasan hutang ini kemudian berakibat fatal. Navin Rai yang marah besar memutuskan membangun tembok besar di antara kediamannya dengan Guruchand. Hal ini kemudian membuat Guruchand terkena serangan jantung dan harus dilarikan ke rumah sakit. Oleh keluarganya, kemudian diputuskan untuk membawa Guruchand ke London bersama Girish. Dalam keadaan genting tersebut keluarga Guruchand juga juga memutuskan untuk menikahkan Lalita dengan Girish setibanya mereka di London. Merasa kecewa dengan keputusan tersebut, Shekhar akhirnya memutuskan menerima perjodohan dirinya dengan Gayatri Tantiya, putri dari teman bisnis ayahnya.

***

Parineeta merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Sarat Chandra Chattopadhyay pada tahun 1914. Sekilas, kedekatan antara Shekhar dengan Lalita di film ini mungkin akan mengingatkan kita pada kisah Devdas dan Paro di film Devdas. Kenyataannya, baik Parineeta dan Devdas memang ditulis oleh Sarat Chandra Chattopadhya.

Film ini juga merupakan debut perdana Vidya Balan di industri perfilman Bollywood. Peran Lalita ini kemudian membuahkan penghargaan Pendatang Baru Terbaik Wanita untuknya di ajang Filmfare Award 2006. Saif Ali Khan sendiri juga bermain cukup bagus di film ini.  Dengan setting di tahun 1920-an, Parineeta berhasil membawa penonton ke nuansa klasik Calcutta di masa lampau.

Judul : Parineeta (The Married Woman)

Produser : Vidhu Vin0d Chopra

Sutradara : Pradep Sarkar

Penulis Skenario : Vidhu Vin0d Chopra, Pradep Sarkar

Pemain : Vidya Balan, Saif Ali Khan, Sanjay Dutt

Produksi : 2005

Skor Akhir  : 3,5/5

Next Post
Leave a comment

7 Comments

  1. belum nonton yang satu ini…
    sebelumnya sih tahunya dari film ini ya lagunya dari Shreya Ghoshal judulnya Piya Bole…
    dan yap dari tahu juga kalau dari novel Sarat Chandra Chattopadhay yang melegenda ini selain Devdas…

    jadi ya belum berkomentar banyak😀

    Reply
  2. kasih tak sampai yah?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: