SHAHID


Setelah menyaksikan aksi pembunuhan di daerah tempat tinggalnya, Shahid memutuskan mengikuti sebuah pelatihan militer berbasis Islam di Kashmir. Namun karena merasa tidak sesuai dengan hati nuraninya, Shahid kemudian melarikan diri dari pelatihan tersebut dan kembali ke rumahnya

Tak lama setelah kembali ke rumah, Shahid kemudian ditangkap dengan tuduhan terlibat dalam organisasi teroris. Keikutsertaannya dalam pelatihan di Kashmir menjadi salah satu penyebab ditangkapnya Shahid. Setelah menjalani berbagai tekanan dan siksaan, ia pun harus menjalani kehidupannya di penjara.

Meski menjalani kehidupannya di penjara, namun Shahid tetap berkesempatan menyelesaikan pendidikannya. Adalah Waar Saab, salah satu rekannya di penjara yang berhasil meyakinkannya untuk tetap belajar selama di penjara. Tujuh tahun mendekam di penjara, Shahid akhirnya dibebaskan dan ia pun melanjutkan pendidikannya di bidang hukum.

Setelah berhasil menjadi sarjana, Shahid sempat bekerja di sebuah biro hukum milik Majeed Memon. Lagi-lagi karena tak sesuai dengan hati nuraninya, Shahid memilih keluar dan mendirikan biro hukumnya sendiri. Untuk kasus pertamanya, Shahid menangani kasus Maryam, salah satu klien Majeed Memon yang mundur karena tak mampu membayar uang muka kasus. Keduanya kemudian semakin akrab dan akhirnya menikah setelah Shahid berhasil memenangkan kasus Maryam.

Sepak terjang Shahid sendiri dimulai ketika ia berhasil memenangkan kasus Zaheer Sheikh, seorang muslim India yang dituduh terlibat dalam pengeboman Ghatkopar. Apa yang dilakukan Shahid tentunya bukan tanpa resiko. Selama menangani kasus Zaheer, Shahid kerap mendapat ancaman dari orang tak dikenal. Puncak dari ancaman tersebut adalah ketika ia menangani kasus Faheem Khan -tersangka utama pengeboman di kota Mumbai-, saat Shahid akhirnya harus tewas dibunuh di kantornya sendiri.

***

Shahid merupakan film yang diangkat dari kisah nyata kehidupan Shahid Azmi, seorang pengacara muslim India yang dikenal sebagai pembela mereka yang dituduh sebagai pelaku terorisme di India. Selain menganugerahkan gelar aktor kritik terbaik untuk Raj Kumar Rao dalam ajang Filmfare Award, film ini juga memboyong dua penghargaan untuk kategori Aktor Terbaik (Raj Kumar Rao) dan Sutradara Terbaik (Hansal Mehta) dalam ajang bergengsi National Film Award yang diumumkan beberapa waktu yang lalu.

Judul : Shahid

Produksi : 2013

Produser: Anurag Kashyap, Sunil Bohra, Ronnie Screwvala, Siddhart Roy Kapur,
Shailesh R Singh

Sutradara : Hansal Mehta

Penulis Skenario : Hansal Mehta, Sameer Gautam Singh, Apurva Asrani

Pemain : Raj Kumar Rao, Tigmanshu Dhulia, K K Menon, Prabhleen Sandhu, Prabal Panjabi

Durasi : 123 Menit

Skor Akhir : 4/5

Previous Post
Next Post
Leave a comment

4 Comments

  1. eh udah nonton ya mbak? saya malah belum…
    jadi tambah penasaran setelah menang National Award gini nih filmnya…

    Reply
    • iya akhirnya kutonton setelah tahu menang national award😀
      jolly LLB itu juga jadi film Hindi terbaik di national film award

      Reply
  2. kasihan….😦

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: