2 STATES


Krish Malhotra dan Ananya Swaminathan berkenalan pada sebuah makan siang di kampus mereka, IIMA (Indian Institute of Management – Ahmedabad). Saat itu, Ananya -gadis Tamil (India Selatan) yang merupakan mahasiswi tercantik di IIMA- memprotes makan siang yang didapatnya di kampus. Sedangkan Krish adalah seorang pemuda Punjabi yang merelakan sepotong rasgula-nya diberikan pada Ananya untuk memenangkan hati gadis tersebut.

Sepotong rasgula yang diberikan Krish pada akhirnya berhasil membuatnya berteman dengan Ananya. Mulai dari teman belajar, pelan tapi pasti hubungan keduanya berkembang hingga akhirnya menjadi sepasang kekasih. Di akhir masa perkuliahan mereka, Krish pun mengungkapkan keinginannya untuk menikahi Ananya.

Meski saling mencintai, namun perbedaan komunitas (Punjabi dan Tamil) membuat hubungan Krish dan Ananya mendapati sedikit hambatan. Untuk menjembatani perbedaan yang ada, Krish dan Ananya sepakat untuk mempertemukan orang tua masing-masing di hari kelulusan mereka. Sayangnya bukannya mendekatkan, pertemuan tersebut kacau balau karena kedua pihak orang tua saling tak menyukai satu sama lain.

Tak ingin menyerah, Krish kemudian memilih bekerja di Chennai agar bisa mendekatkan diri dengan Ananya dan keluarganya. Meski awalnya terlihat sulit, namun pelan tapi pasti ia berhasil mengambil hati anggota keluarga Ananya hingga akhirnya mendapatkan restu mereka untuk menikahkan putri mereka dengannya.

Setelah misi di Chennai selesai, Krish pun memutuskan untuk kembali ke Delhi. Kali ini ia datang bersama Ananya agar kekasihnya itu bisa mendekatkan diri pada ibunya. Sama seperti Krish, kehadiran Ananya juga tak disambut baik oleh ibu Krish. Sebagai seorang Punjabi, ibu Krish menilai Ananya sebagai gadis Madrasi yang tak menghormati orang tua dan berniat merebut anaknya. Untungnya sebuah insiden pada pernikahan sepupu Krish akhirnya membuat hati ibu Krish luluh dan akhirnnya setuju dengan pilihan anaknya.

Meski kedua orang tua sudah bisa menerima calon pilihan anaknya masing-masing, namun tetap saja Krish dan Ananya merasa perlu untuk mendekatkan kembali orang tua mereka. Maka dilakukanlah liburan bersama dua keluarga beda negara bagian tersebut. Sayangnya, untuk kali ini ibu Krish bertindak sedikit kelewatan dengan komentar pedasnya yang menyakiti hati orang tua Ananya, dan membuat Ananya akhirnya memutuskan hubungannya dengan Krish.

***

2 States merupakan film Bollywood yang (lagi-lagi) diangkat dari novel penulis paling laris di India, Chetan Bhagat. Membawa isu pernikahan beda komunitas, film ini berhasil membawa saya larut dalam haru biru usaha Krish dan Ananya memenangkan hati calon mertua mereka. Dari film ini saya semakin tahu, bahwa seperti juga Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, India juga memiliki berbagai ras yang kadang menjadi penghambat sebuah pernikahan. Jika kita punya suku Jawa, Sunda, Batak, Bugis, hingga Dayak, maka di India, pernikahan antara Punjabi, Gujarati, Bengali dan Tamil bisa menjadi sebuah masalah yang cukup besar. Ini tentunya berkaitan dengan karakter dari masing-masing klan/suku tersebut.

Dari segi cerita, tak banyak perbedaan antara versi novel maupun filmnya. Mungkin karena saya lebih dulu nonton filmnya baru membaca novelnya, sehingga terasa lebih mudah bagi saya untuk menggambarkan sosok Krish dan Ananya dalam cerita tersebut. Meski tentu saja, untuk versi novel, karakter Krish terasa lebih hidup ketimbang versi film. Untuk akting para pemerannya juga cukup baik, terutama untuk Amrita Singh yang berhasil mencuri perhatian lewat perannya sebagai ibu seorang Punjabi.

Satu hal yang paling saya suka dari film/novel 2 States adalah bagaimana baik Krish dan Ananya berkomitmen untuk bisa mendapatkan restu dari kedua orang tua mereka masing-masing. Seperti yang dikatakan Ananya pada Krish saat kekasihnya itu mengusulkan untuk kawin lari, “Aku ingin orang tuaku jadi yang paling berbahagia di hari pernikahanku.”

Ya, orang tua seharusnya menjadi yang paling berbahagia di hari pernikahan kita.

Judul  : 2 States

Produksi : 2014

Produser : Karan Johar, Sajid Nadiadwala

Sutradara : Abhishek Varman

Skenario : Abhishek Varman, Hussain Dalal (Dialog)

Pemain : Alia Bhatt, Arjun Kapoor, Amrita Singh, Ronit Roy, Revathi, Shiv Kumar Subramaniam

Music : Shankar-Ehsaan-Loy

Durasi : 149 menit

Skor Akhir : 4/5

Previous Post
Next Post
Leave a comment

7 Comments

  1. kirimin link downloadnya donk… film india yang lain juga😀

    Reply
  2. Sepakat semuanya ma review mbak… iya saya jadi bisa mengambil kesimpulan dan kesan seperti itu juga.. bahwa menikah bukan perkara menyatukan dua insan, tetapi dua keluarga yang mungkin berbeda latar belakang… chetan bhagat emang punya cerita bagus dengan diadaptasi ke layar lebar seperti 3 idiots dan kai po che…

    Reply
  1. AKTRIS BOLLYWOOD MASA KINI | SAVING MY MEMORIES

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: