HAIDER


Karena menyembunyikan pemimpin separatis Kashmir di kediamannya, dokter Hilal Meer ditangkap dan dimasukkan ke penjara. Sang putra, Haider -yang baru kembali dari Aligardh- kemudian berupaya menemukan keberadaan ayahnya. Dia mendatangi setiap penjara di Kashmir, membawa foto sang ayah. Dia juga bergabung bersama para pencari anggota keluarga lainnya, dengan sebuah karton bertuliskan nama ayahnya.

Di tengah kebuntuan pencarian, seorang bernama Roohdar muncul. Lewat Arshee -kekasih Haider- Roohdar mengaku kalau dirinya membawa pesan dari ayah Haider. Haider pun tanpa ragu menghubungi nomor yang diberikan Arshee padanya. Keduanya pun membuat janji pertemuan. Saat Haider tiba di tempat pertemuan, ia malah digiring menuju tempat lain.

Di sebuah rumah di komplek pekuburan, Haider pun bertemu dengan Roohdar. Di tempat itu, Haider harus menelan kenyataan pahit. Ayahnya ternyata sudah meninggal. Dan yang lebih menyakitkan, sang paman ternyata turut andil dalam terbunuhnya sang ayah. Bahkan pamannya juga berniat mengambil ibunya dari ayahnya.

Setengah gila, Haider pun kembali ke rumahnya. Pada sang ibu ia menyampaikan perihal kematian sang ayah. Tak lama setelah itu, Khurram -sang paman- menikahi ibunya. Pada pesta pernikahan ibunya dengan pamannya, Haider berniat membalaskan dendam ayahnya. Sayang aksinya tersebut gagal karena Arshee tanpa sengaja membocorkan rencana tersebut pada ayahnya yang bekerja sebagai polisi.

Saat berusaha melarikan diri, tanpa sengaja Haider membunuh ayah Arshee. Karena kematian sang ayah, Arshee pun memutuskan bunuh diri. Haider yang tanpa sengaja melihat prosesi penguburan Arshee langsung keluar dari tempat persembunyiannya. Perkelahian pun tak bisa dihindari. Korban-korban berjatuhan, hingga akhirnya ibu Haider tiba dan meminta waktu untuk bicara dengan putra kesayangannya.

***

Haider merupakan film Bollywood yang diadaptasi dari drama tragedi Shakespeare, Hamlet, dengan setting cerita di Kashmir pada tahun 90-an. Shahid Kapoor menampilkan akting terbaiknya dalam film ini. Bagian paling memorable tentunya saat dia melakukan orasi di tengah kota. Benar-benar menunjukkan perubahan yang luar biasa. Selain Shahid, aktor yang lain juga menunjukkan kualitas akting mereka. Dan jangan lupa akan Kashmir yang meski tertutup salju tetap saja terlihat indah.

Judul Film : Haider

Produser : Vishal Bhardwaj, Siddharth Roy Kapoor, Shahid Kapoor

Sutradara : Vishal Bhardwaj

Skenario : Vishal Bhardwaj, Basharat Peer

Pemain : Shahid Kapoor, Tabu, Kay Kay Menon, Shraddha Kapoor

Music : Vishal Bhardwaj

Durasi : 162 menit

Produksi : 2014

Rating : 4/5

Previous Post
Leave a comment

4 Comments

  1. kok ibunya mau dinikahii?

    *di server ada film asia… kebanyakan mandarin india cuma chenai express doank *

    Reply
  2. Langsung donlot! Kashmiiiirrr

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: