AIRLIFT


 

Saat Irak menyerang Kuwait di tahun 1990, Ranjit Katiyal sudah siap untuk pergi meninggalkan Kuwait bersama anak dan istrinya. Posisinya sebagai seorang pengusaha India sukses di Kuwait membuat Ranjit bisa dengan mudah membeli tiket penerbangan kemanapun ia mau. Namun ketika ia tiba di kantornya, Ranjit dibuat terpana dengan banyaknya pengungsi India yang berlindung di kantornya. Ia pun berubah pikiran.

Dengan bantuan sesama teman pengusaha, Ranjit mengumpulkan warga India yang tinggal di Kuwait. Bertempat di sebuah bangunan sekolahan, Ranjit berhasil mengumpulkan seratus ribu lebih warga India yang tinggal di Kuwait. Seluruh pengungsi ini mendapat tanggungan penuh dari Ranjit dan teman-teman pengusahanya. Bahkan meski sang istri menentang keras tindakannya, Ranjit tetap dengan pendiriannya membantu warga India yang berlindung padanya.

Belakangan, Ranjit mengetahui kalau sebenarnya warga India dibebaskan untuk keluar dari Kuwait. Ranjit pun berusaha mencari cara agar para pengungsi India bisa segera dipulangkan. Mulai dari menghubungi Kementerian Luar Negeri di India, hingga mendatangi sosok petinggi di Irak.

Angin segar datang saat Ranjit diberitahu ada kapal yang akan masuk ke Irak dan bisa membawa warga India pulang. Ranjit dan para pengungsi bersorak mengetahui kabar ini. Sayangnya saat mereka sudah siap berangkat kabar buruk datang. Irak diembargo dan kapal yang dimaksud tidak bisa memasuki. Mau tak mau Ranjit harus mencari cara lain agar para pengungsi bisa keluar dari Kuwait. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kapal pengangkut sampah.

Setelah berhasil memulangkan kurang lebih lima ratus orang dengan kapal sampah, Ranjit pun berusaha mencari jalan pulang bagi dirinya dan seratus ribu lebih warga India lainnya. Karena kondisi yang semakin memburuk, Ranjit memutuskan segera pergi dari Kuwait menuju Yordania dengan menggunakan beberapa bus. Sayangnya hingga saat itu Yordania masih belum membuka pintu bagi pengungsi India. Ranjit kembali menghubungi Mr. Kohli yang bekerja di Kementerian Luar Negeri India agar bersedia membantunya mendapat izin masuk ke Yordania.

***

Airlift diangkat dari kisah nyata evakuasi seratus tujuh ribu lebih warga India yang tinggal di Kuwait saat Perang Teluk berlangsung. Proses evakuasi ini sendiri masuk dalam Guiness Book of World sebagai proses evakuasi terbesar di dunia. Tokoh utamanya sendiri, Ranjir Katiyal, terinspirasi dari sosok Mathunny Mathews dan Harbajan Singh Vedi yang berperan besar dalam proses evakuasi ini.

Judul : Airlift

Produser : Nikhil Advani, Monisha Adwani, Aruna Bhatia, Madhu G. Bhojwani, Bushan Kumar, Krishan Kumar,Vikram Malhotra

Sutradara : Raja Krishna Menon

Skenario : Raja Krishna Menon, Suresh Nair, Rahul Nangia, Ritesh Shah

Pemeran : Akshay Kumar, Nimrat Kaur

Musik : Amaal Malik, Ankit Tiwari, Arijit Dutta

Durasi : 125 menit

Tahun Rilis : 2016

Rating : 4/5

 

Leave a comment

2 Comments

  1. sepertinya mengahrukan nih filmnya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: