RUSTOM


Rustom Pavri dikenal sebagai seorang perwira angkatan laut yang memiliki dedikasi tinggi dalam pekerjaannya. Selain itu, ia juga memiliki seorang istri cantik yang sangat dicintainya, bernama Cynthia. Sayangnya, kebahagiaan hidup yang dijalani Rustom harus berakhir saat mengetahui kalau Cynthia telah berselingkuh saat Rustom sedang menjalani dinasnya.

Adalah Vikram Makhija, nama pria yang berhasil membuat Cynthia berpaling darinya. Vikram Makhija adalah seorang pengusaha yang dikenalkan kepadanya dan Cynthia pada sebuah pesta. Tak bisa terima dengan perselingkuhan ini, Rustom pun mendatani Vikram dan langsung membunuhnya. Uniknya, setelah melakukan pembunuhan, Rustom langsung menyerahkan dirinya ke polisi.

Kasus ini langsung mendapat perhatian khalayak luas. Sebagai orang Parsi, Rustom mendapat dukungan penuh dari seorang pengusaha koran di kota Bombay. Melalui koran miliknya, Erich Billimoria berusaha membentuk opini publik yang bisa membebaskan Rustom dari jeratan hukum. Di lain pihak, Priti Makhija, adik kandung Vikram berusaha keras agar Rustom mendapat vonis bersalah dari para juri. Ia pun menyewa seorang pengacara papan atas untuk bisa menjebloskan Rustom ke penjara.

Uniknya, Rustom sendiri menolak untuk didampingi oleh pengacara. Meski begitu, pada hakim ia menyatakan kalau dirinya tak bersalah. Dengan pernyataannya tersebut, ini berarti Rustom harus membela dirinya selama sidang dan tidak berhak melakukan banding jika ia tidak puas dengan keputusan juri. Di masa itu, sistem pengadilan India masih menggunakan sistem jury trial yang membuat keputusan bersalah atau tidaknya seorang terdakwa bergantung pada kesepakatan para juri yang sudah ditunjuk.

Sidang pun berlangsung. Meski tak didampingi pengacara, namun Rustom cukup berhasil mengatasi serangan demi serangan yang dilancarkan pengacara yang ditunjuk Priti. Sayangnya di saat-saat akhir, datanglah Inspector Vincent Lobo memberikan bukti terakhir yang bisa memberatkan posisi Rustom di pengadilan. Bagaimanakah akhirnya keputusan yang akan diambil para juri setelah bukti ini ditunjukkan?

***

Rustom merupakan film yang diangkat dari kisah nyata Commander K. M. Nanavati vs. State of Maharashtra yang terjadi di Bombay pada tahun 1959. Untuk plot cerita sendiri, bisa dibilang menarik meski ada beberapa adegan terasa lebay di mata saya. Yang menjadi sedikit masalah mungkin untuk cinematografi-nya yang masih terlihat kurang bagus dan kasar. Akshay Kumar sendiri kalau menurut saya bermain aman dalam film ini. Karakternya di film ini sebelas dua belas dengan film-film lain yang dimainkannya selama beberapa tahun terakhir. Yah, mungkin lain kali Akshay perlu naskah dengan karakter berbeda untuk film terbarunya.

Judul : Rustom

Produser : Neeraj Pandey, Aruna Bhatia, Nittin Keni, Akash Chawla, Bhaumik Gondaliya, Ishwar Kapoor, Shital Bhatia

Sutradara : Tinu Suresh Desai

Skenario : Vipul K. Rawal

Pemeran : Akshay Kumar, Ileana D’cruz, Esha Gupta, Arjan Bajwa

Durasi : 148 menit

Produksi : 2016

Rating : 3/5

Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

sriwidiastuti

Just another WordPress.com site

Anastasye Natanel

the random things in life

rosimeilani.com

Rosi Berbagi Informasi Seputar Inggris, Travel dan Tips Menulis

%d bloggers like this: